Posyandu Gratis Untuk Balita, Ibu Hamil, dan Lansia

53
Randi Pratama – Kepala Desa Gayam, Hendri, didampingi Ketua TP-PKK Desa Gayam saat memberikan imunisasi kepada salah satu balita.

PENENGAHAN – Perhatian kepada balita dan lansia (lanjut usia) perlu diberikan secara rutin. Inilah yang coba dilakukan Pemerintah Desa Gayam. Baru-baru ini, aparatur desa setempat melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan kepada warga. Khususnya balita, ibu hamil, dan lansia.

Pada tahun 2019 lalu, pemerintah desa sempat melaksanakan sebuah kegiatan Rumah Desa Sehat (RDS). Di mana, kegiatan ini menyasar pelayanan untuk balita demi pencegahan stunting. Tahun ini, kegiatan serupa dilakukan lagi dengan pelaksanaan yang sama. Namun dengan tema dan nama yang berbeda.

BACA :  Nanang Melesat, Hipni Menggugat

“Itu (RDS) tahun lalu. Kalau sekarang namanya bukan rumah sehat, tapi pelayanan posyandu rutin untuk balita, ibu hamil, dan lansia,” kata Kepala Desa Gayam, Hendri, kepada Radar Lamsel, Rabu (12/8/2020).

Hendri menjelaskan, pelayanan kepada masyarakat itu dilaksanakan tiga kali dalam sebulan. Selain pelayanan yang prima, masyarakat yang datang juga dimanjakan dengan sepenuh hati karena tidak dipungut biaya. Lebih lanjut, Hendri mengatakan pihaknya akan berupaya melanjutkan kegiatan ini secara kontinyu.

“Insyaallah, kegiatan yang baik akan terus kami laksanakan. Karena itu, kami butuh dukungan masyarakat agar program ini berjalan dengan baik,” katanya.

BACA :  ’Miskoordinasi’ KPU - Disdukcapil

Terkait RDS, Hendri belum bisa memastikan apakah nama kegiatannya akan sama seperti tahun 2019 lalu. Meskipun RDS mempunyai fungsi sebagai pusat informasi pelayanan sosial dasar di desa, khususnya bidang kesehatan

RDS juga menjadi sekretariat bersama bagi para pegiat pemberdayaan masyarakat, dan pelaku pembangunan desa di bidang kesehatan. Yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan, dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan. (rnd)