PPK Masih Merekap, Hasil DESK Herman-Sutono Unggul di Kalianda

430

KALIANDA – Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Kalianda mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi suara pemilihan Gubernur (pilgub) Lampung Tahun 2018. Rapat pleno tersebut digelar di aula Kantor Kecamatan Kalianda, Kamis (28/6) kemarin.

Camat Kalianda Erdiansyah, SH, MM dalam sambutannya membuka rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pilgub Lampung ini sangat bersyukur pelaksanaan pemungutan suara diwilayah Kalianda bisa berjalan dengan aman dan kondusif. Dia juga berharap, penghitungan di tingkat PPK juga bisa rampung tanpa menemui kendala atau persoalan.

“Ini semua berkat kerja keras penyelenggara dan partisipasi aktif masyarakat. Harapan kami, mudah-mudahan tahapan-tahapannya bisa rampung sesuai jadwal yang telah direncanakan,”singkat Erdiansyah.

Sementara itu, Ketua PPK Kalianda Jemsy Ruwembas menjelaskan, rapat pleno tersebut digelar menyusul rampungnya pelaksanaan pilgub Lampung ditingkat desa yang digelar serentak, Rabu (27/6) lalu. Dalam aturan yang berlaku saat ini,  pleno di tingkat PPS atau desa ditiadakan sehingga langsung digelar pleno ditingkat PPK atau kecamatan.

BACA :  Perkantoran Pemkab Mulai Was-was

Dia melanjutkan, teknis pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara dilaksanakan secara berurutan desa sesuai jadwal yang telah disusun. Dengan melibatkan PPS dan panitia pengawas pemilu kecamatan dan saksi-saksi dari masing-masing pasangan calon.

“Kita belum bisa menyimpulkan hasil dari rekapitulasi hasil pemungutan suara di wilayah Kalianda. Bisa kita lihat sendiri sampai sekarang baru sekitar setengah lebih dari 25 desa dan 4 kelurahan di Kalianda yang membacakan hasil pemungutan suara per TPS-TPS. Rencananya, akan dilanjutkan sampai selesai hingga malam hari nanti,” terang Jemsy.

Dilain pihak, hasil penghitungan cepat (quick count) DESK Pilgub Lampung Pemkab Lamsel diwilayah Kecamatan Kalianda yang memperoleh suara terbanyak adalah pasangan nomor urut 2 Herman HN – Ir. Sutono dengan perolehan sebanyak 13.882 suara atau 34 persen. Lalu, suara terbanyak berikutnya pasangan nomor 1 Muhammad Ridho Ficardo – Bachtiar Basri sebanyak 11.858 suara atau 29 persen, lalu pasangan nomor urut 3 Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim dengan perolehan sebanyak 11.170 suara atau 27 persen dan yang terakhir pasangan nomor urut 4 Mustafa – Ahmad Jajuli sebanyak 3.841 suara atau 9 persen.

BACA :  Sosialisasi Netralitas Pilkada Sasar Kades

Pasangan yang diusung oleh PDIP ini menang di 14 desa/kelurahan dari 25 desa dan 4 kelurahan di Ibu Kota Kabupaten Lamsel ini dengan mata pilih sebanyak 60.556 pemilih dan jumlah suara sah hanya 40.751 atau sebanyak 67 persen. (idh)