‘PR’ KUPS Benahi Fasilitas Pendakian Gunung Rajabasa

148
Ilustrasi

KALIANDA – Kasus delapan pendaki tersesat dijalur pendakian Gunung Rajabasa Minggu (30/8), ditanggapi secara positif oleh Kelompok Usaha Perhutanan Desa Sumur Kumbang, Kecamatan Kalianda.

Kasus yang terjadi dua hari lalu itu tentu saja menjadi koreksi bagi KUPS Desa Sumur Kumbang selaku pengelola wisata pendakian Gunung Rajabasa.

Hal itu diutarakan oleh Ketua KUPS Desa Sumur Kumbang, Saiful. Ia mengatakan, selama ini  jalur pendakian Gunung Rajabasa memang masih minim petunjuk arah, terutama di jalur pos adminitrasi menuju pos satu.

“Ya memang saat ini jalur pendakian Gunung Rajabasa ini belum memiliki petunjuk arah. Terutama di jalur menuju pos satu, karena disitu banyak simpangan jalan,” ujar Saiful memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, Selasa (1/9).

Pemasangan pentujuk arah ini menjadi unsur penting di jalur pendakian. Dalam waktu dekat pemasangan petunjuk arah itu juga akan segera dilaksanakan, seiring terus meningkatnya jumlah pendaki di Gunungrajabasa.

BACA :  Sat Pol-PP Ciduk Manusia Silver

“Akan kita segera lakasanakan pemasangan petunjuk arah ini, sehingga tidak ada lagi kasus pendaki gunung rajabasa yang tersesat di jalur pendakian,” ucapnya.

Tidak hanya itu saja, KUPS Desa Sumur Kumbang juga akan terus mensosialisaikan pengarahan jalur pendakian satu pintu yang ditempatkan di Desa Sumur Kumbang.

“Sudah kami sosialisasikan jalur pendakian satu pintu ini di media sosial, ataupun di sosial media. Semua ini akan kita benahi secara perlahan,” ungkapnya.

Sementara itu Pendamping Kehuhutanan Desa Sumur Kumbang Arif menjelaskan, kasus delapan pendaki yang tersesat itu menjadi koreksi bagi KUPS untuk meningkatkan fasiltas di jalur pendakian Gunung Rajabasa.

BACA :  Sosialisasi 1.000 HPK Untuk Warga Kalianda

Terutama di dalam penerapan adminstarsi satu pintu, yang akan diumumkan secara resmi oleh KUPS Desa Sumur Kumbang. Sehingga kedepannya tidak ada lagi pendaki melakukan pendakian tanpa melalui registrasi dan pendataan.

“Kasus ini menjadi masukan bagi kita (KUPS),  yang masih berumur satu bulan. Akun mediasosial KUPS juga masih dalam proses, disitu akan kita umumkan jalur pendakian satu pintu secara resmi,” terangnya.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pendakian Basa, KUPS Desa Sumur Kumbang juga akan kosisten menjaga kelestarian alam Gunung Rajabasa.

“Sebagai pendamping kita juga akan meningkatkan SDM KUPS. Intinya kekurangan –kekurangan ini akan kita benahi perlahan. KUPS juga akan berkomitmen menjaga kelestarian alam Gunung Rajabasa,” tutupnya. (vid)