PRI Banjaragung Maksimalkan Prolanis

620
ILUSTRASI

JATIAGUNG – Puskesmas Rawat Inap (PRI) Banjaragung Kecamatan Jatiagung tengah menggalakkan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) guna mendorong masyarakat mencapai kualitas hidup optimal.

Pemegang Program Prolanis PRI Banjaragung Sri Kusrina, S.K.M
mengatakan, program tersebut bertujuan untuk memelihara penyandang penyakit kronis sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal, penyakit kronis yang dimaksud adalah diabetes dan hipertensi. “Program ini melakukan pemeriksaan laboraturiumnya seperti kolesterol dan kencing manis, selain itu kami mengadakan senam yang instrukturnya mengambil dari kader yang sudah pernah dilatih senam lansia,” katanya.

BACA :  Hoaks Penolakan, Pusara Pasien Covid19 Aman!

Dia melanjutkan, untuk sementara ini program prolanis dilakukan sekali dalam sebulan dan untuk menarik minat masyarakat untuk mengikuti program tersebut dengan menggratiskan pemeriksaan dan senamnya. “Dan kami juga mensosialisasikannya ketika ada posbindu atau lansia sehingga saat ini peserta prolanis sudah ramai dan masyarakat juga sangat antusias mengikutinya bahkan ada yang mengusulkan sebulan dua kali pertemuan,” jelas dia.

BACA :  Karang Anyar Bangun Jalan Paving Block 91 Meter

Kepala PRI Banjaragung Hartono Harun, S.K.M. MM mengatakan, sangat mendukung program prolanis karena program tersebut agar bagaimana warga yang mengidap penyakit hipertensi dan diabetes tidak lebih parah dari sebelumnya misalnya tidak meningkat lagi gula darahnya atau tekanan darahnya. “Selain senam dan pemeriksaan laboratorium juga ada penyuluhan dari dokter. Karena tujuannya juga untuk menekan angka penyakit hipertensi dan diabetes,” beber Hartono. (dms)