Profil Desa Sebagai Ajang Promosi

681

KETAPANG – Setiap desa di Kecamatan Ketapang diharapkan memiliki website yang berisikan tentang profil desa sebagai media promosi yang ada didalam desa tersebut.
Harapan tersebut disampaikan Camat Ketapang Darsito, SP saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) profil desa dalam rangka entry data desa menuju desa tertib administrasi di Balai Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Rabu (24/8).
Menurut Darsito, website berisikan profil desa yang menggambarkan tentang desa secara keseluruhan seperti program pembangunan, potensi desa, kependudukan dan lainnya merupakan tindak lanjut program Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum untuk meningkatkan pembangunan di desa-desa.
“Profil desa ini menyakut semua kondisi yang ada didalam desa. Dengan adanya profil desa secara rinci investor dari luar wilayah bisa mengetahui secara langsung kondisi didesa tersebut melalui website atau situs resmi masing-masing desa. Website yang berisikan profil desa ini sangat penting sebagai media promosi diluar desa,” kata Darsito.
Camat Ketapang ini berharap aparatur desa yang mengikuti Bimtek profil desa dengan mendatangkan narasumber dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Pemkab Lamsel itu mengikuti dengan baik sebagai bekal saat melaksanakan tugasnya nanti. “Bimtek yang di ikuti aparatur desa seperti Sekdes dan operator desa untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di desa,” terang Darsito.
Pada Bimtek profil desa itu, setiap perangkat desa diwajibkan membawa laptop untuk pelatihan. Mereka mendapat pembekalan langsung dari narasumber dan praktek secara langsung tentang entry data profil desa.
Kepala Desa Sripendowo Chandra Irawan mengatakan, bimtek profil desa diikuti semua desa di Kecamatan Ketapang. “Aparatur desa yang mengiktu bimtek ini adalah Sekretaris desa dan operator desa. Mereka diberikan pelatihan langsung tentang cara membuat profil desa dengan baik dan benar,” kata Chandra.(man)

BACA :  Sosialisasi Netralitas Pilkada Sasar Kades