Puksesmas Palas Dirikan Lumbung Darah Tiga Desa

367

PALAS – Unit Pelaksana Teknsi (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas akan mendirikan lumbung darah. Hal itu dilakukan sebagai upaya menjaga kebutuhan darah di desa.

Kepala UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas Bambang Priyanto mengatakan, didirkannya lumbung darah kerena selama ini masyarakat kesulitan mencari pendonor darah pada saat membutuhkan transfusi darah.

“Lumbung darah ini untuk meningkatkan kebutuhan darah di desa. Selama ini saat membutuhkan tranfusi darah masyarakat kesulitan untuk mencari pendonor. Dengan adanya lumbung darah ini bisa memudahkan mereka untuk mencari pendonor,” kata Bambang Priyanto kepada Radar Lamsel, Kamis (22/11).

BACA :  Ternak Babi Off Pasca Serangan ASF

Bambang menerangkan, lumbung darah ini nantinya akan menyimpan data jenis golongan darah masyarakat desa. Sehingga, lanjut Bambang, nantinya akan memudahkan mencari pendonor darah untuk mesayarakat yang membutuhkan.

“Lumbung darah ini sebagai tempat data golongan darah masyarakat atau pendonor. Jika nanti ada masyarakat membutuhkan tranfusi darah tidak perlu lagi kesulitan, kita tinggal memanggil pendonor yang sudah ada datanya di lumbung darah,” ucapnya.

BACA :  Sengketa Pasar Dikuasakan ke Ormas

Lebih lanjut, Bambang menerangkan, lumbung darah ini akan didirikan di tiga desa di Kecamatan Palas antara lain Desa Palasaji, Sukamuya dan Desa Pematangbaru pada 2019 mendatang.

“Untuk tahun 2019 mendatang tiga desa yang akan kami dirikan lumbung darah. Harapannya dengan adanya lumbung darah ini tidak ada lagi tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan mencarai pendonor pada membutuhkan darah,” tutupnya. (vid)