Puluhan Tahun Menetap kok Disebut Warga Baru

84
Shofyan Apriyansyah – Mbah Karsini (77) di kediamannya, di Dusun Bangunrejo, Kecamatan Katibung, nampak rumah tinggalnya menyatu dengan kendang sapi, Rabu (19/2).

Karsini Warga yang Tinggal Di Kandang Sapi

KATIBUNG – Kepala Desa Neglasari, Kecamatan Katibung Jamaludin mengklaim bahwa Karsini yang tinggal dikandang sapi bersama anak angkatnya merupakan warga pendatang baru.

“ Sebenarnya, Mbah Karsini itu baru satu tahun menetap di tempat anak angkatnya di Dusun Bangunrejo Desa Neglasari ini. Sebelumnya dia bukan penduduk Desa kami, melainkan Desa Panca Tunggal Kecamatan Merbaumataram,” ujar Jamaludin dihubungi Radar Lamsel, Rabu (18/2).

Jamaludin mengaku mendapat informasi tersebut dari Kepala Dusun Bangunrejo. Dari Info yang didapatnya dari Kadus tersebut Jamaludin menyebut bahwa Kasrini merupakan warga pendatang baru.

Sontak, Karsini membantah disebut warga baru didesa yang sudah puluhan tahun ia tinggali. Karsini mengaku sudah berkali-kali ganti Kades pun dia sudah ada di Neglasari.

“ Saya tinggal disini sudah puluhan tahun, dari sebelum Kades Jamaludin yang sekarang ini, Pak Amban, Nurhadi dan sebagainya di masa kepemimpinan sebelum mereka saya juga sudah tinggal disini,” ujar Karsini membantah Kepala Desanya.

Pemerintah Kecamatan Katibung tak bergeming, menyikapi keluhan warga di Dusun Bangunrejo Desa Neglasari Kecamatan setempat, ihwal warga sekitar menilai peyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di dusun tersebut tidak tepat sasaran.

Pasalnya, saat ini Pemerintah Kecamatan Katibung dan Pemerintah Desa (Pemdes) Neglasari, sedang berupaya berkoordinasi bersama pihak terkait di Kecamatan dan Desa, untuk melakukan verifikasi dan validasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH didesa tersebut.

Camat Katibung Hendra Jaya mengatakan, persoalan masih adanya penyaluran program bantuan PKH kepada KPM yang kurang tepat sasaran diwilayah kerjanya.

Pihaknya, sudah berkoordinasi bersama unsur terkait di jajaran Pemkab Lamsel. Kemudian, pihaknya pun sedang berupaya berkoordinasi bersama pihak pendamping PKH di Kecamatan dan desa untuk melakukan pembenahan.

“ Ya, kami sudah menyikapi hal itu. Bahkan, beberapa bulan lalu saya sudah menginstruksikan pendamping PKH di Kecamatan untuk berkoordinasi bersama pihak desa, agar segera melakukan pembenahan data KPM PKH di seluruh desa di Kecamatan Katibung,” kata Hendra.

Diberitakan sebelumnya, Malang nian nasib Karsini (77) warga Dusun Bangunrejo, Desa Neglasari, Kecamatan Katibung.  Wanita tua itu tinggal dikandang sapi bersama anak angkatnya bernama Waras yang berusia 38 tahun.

Sialnya sejumlah bantuan pemerintah pusat untuk warga yang hidup dibawah garis kemiskinan belum menyentuh Karsini. Hanya BPJS PBI saja yang didapat, itupun belum genap setahun dicicipinya. (CW2)