Purwodadi Dalam Tonjolkan Keaslian Desa

423
Foto Sugino, S.Pd bersama istri

Pensuplai Komiditi Getah Karet Terbesar dan Home Industri

TANJUNG SARI – Desa Purwodadi Dalam didaulat menjadi perwakilan Kecamatan Tanjungsari dalam lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019. Lomba desa kali ini, Desa Purwodadi Dalam akan menyajikan keaslian desanya tanpa ada polesan campur tangan pihak mana pun. 

Menang bukanlah tujuan utama bagi Pemerintah Purwodadi Dalam tetapi yang terpenting adalah kedepan bagaimana warga bisa menjadi lebih baik. 

Kepala Desa Purwodadi Dalam Sugino, S.Pd mengatakan, tidak ada yang dipersiapkan secara khusus oleh pihaknya dalam mengikuti lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019. “Kami tidak ingin ada kepalsuan dalam sikap dan cara warga saat adanya penilaian, aslinya ya begini,” kata dia kepada Radar Lamsel usai penilaian, Rabu (6/2).

BACA :  Menjaga Nyala Nasionalisme

Ia menyampaikan, ada beberapa potensi desa yang sudah menjadi ciri khas warga Desa Purwodadi Dalam dan telah diakui oleh tiga kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan. “Ada industri meubel yang cukup menjanjikan untuk dijadikan potensi kemudian industri pembuatan tahu-tempe yang cukup banyak bahkan sudah memasok hingga ke Kecamatan Tanjung Bintang dan Jati Agung termasuk Tanjung Sari,” ungkapnya.

Selain itu, Desa Purwodadi Dalam juga telah berhasil menjadi juara 2 nasional dalam lomba pengembangan sapi ongol pada tahun 2014 lalu. “Alhamdulillah desa kami jadi juara kedua tingkat nasional untuk pengembangan sapi ongol,” ucapnya.

BACA :  Menjaga Nyala Nasionalisme

Ia menambahkan, Desa Purwodadi Dalam juga merupakan salah satu penghasil getah karet terbesar di Kabupaten Lampung Selatan. “Perkebunan karet rakyat mungkin merupakan salah satu pensuplai terbesar untuk Lamsel,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Lamsel Burhanudin sebagai ketua tim penilai mengaku sangat terkesan dengan keaslian Desa Purwodadi Dalam. “Saya salut dan apresiasi, masyarakat tergerak datang sendiri untuk melihat penilaian lomba desa ini,” pungkasnya.(Adv)