Pusat Gelontorkan Bantuan untuk Masyarakat Lamsel

59

Gemarikan Cegah Stunting

KETAPANG – Pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian menggelontorkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Lampung Selatan berupa olahan ikan yang diserahkan secara simbolis di Balai Desa Kemukus, Kecamatan Ketapang, Kamis (2/7/2020).Bantuan diserahkan langsung Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE, bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Perikanan dan Kelautan RI. Selain olahan ikan, KKP juga memberikan bantuan berupa klaster budi daya udang, excavator, pitap benih ikan, bibit rumput laut, premi asuransi dan Boiflok, senilai Rp 8,135 Milyar. Hal itu guna mendukung dan memajukan budidaya perikanan yang ada di wilayah Lampung Selatan.Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi SDM Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Ir. Elvi Wijayanti, M.Sc, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Dr. Alan Koropitan, S.Pi, M.Si, Dirjen Perikanan dan Budidaya Kementerian Perikanan dan Kelautan RI Dr. Ir. Slamet Sobjakto, M.Si dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Ir. Abdul Muis, M.Si.Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. Slamet Sobjakto, M.Si mengatakan, ditengah pandemi Covid-19, pemerintah tetap mempertahankan program SafariGemarikan untuk masyarakat. Dikatakan, pemerintah berusaha membeli dan membagikan ikan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.“Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita semua, walaupun di tengah pandemi Covid-19 pemerintah tetap mempertahankan program SAFARI GEMARIKAN. Ikan mempunyai fungsi meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh juga meningkatkan kecerdasan otak anak,”katanya.?
Slamet Sobjakto juga mengatakan, bantuan olahan ikan yang diberikan merupakan perjuangan DPR RI yang peduli terhadap masyarakatnya terutama di Lampung Selatan. “Bantuan yang kami bawa ini merupakan perjuangan dari Ketua Komisi IV DPR RI,”ujarnya.Dikatakan, Kabupaten Lampung Selatan memiliki lokasi tambakyang sangat luas. Dengan potensi itu, pemerintah akan menjadikan Lampung Selatan percontohan bagi daerah-daerah lain karena kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi yang sangat bagus. “Untuk itu kami memohon bantuan dan dorongan dari Ketua Komisi IV DPR RI agar Kabupaten Lampung Selatan dapat mengembangkan Budidaya Perikanan dan Kelautannya dengan kualitas lebih baik,” tandasnya.Sementara itu, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE mengajak masyarakat tetap waspada dalam menghadapi Pandemi Covid-19 saat ini. Dia juga menyinggung soal kepemimpinan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto terkait komitmen membangun KabupatenLampung Selatan. “Bupati yang saya kenal dari dulu hingga sekarang,Pak Nanang Ermanto ini sangat komitmen dengan pembangunan daerahnya. Dari dulu hingga sekarang tidak pernah berubah,” kata Sudin dihadapan masyarakat.Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan, Gemarikan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengkampanyekan kepada masyarakat akan pentingnya makan ikan setiap hari.Sebab, katanya, dengan memakan ikan setiap hari dapat meningkatkan imunitas tubuh menjadi lebih kuat, sehingga dapat mencegah stunting atau pertumbuhan gagal pada anak. “Kemarin, Pemkab Lamsel juga telah berkomitmen bersama dalam pencegahan stunting. Untuk itu, mari kita sama-sama membiasakan makan ikan,” ujar Nanang.Menurut Nanang, Lamsel memiliki potensi sumber daya perikanan yang cukup melimpah. Untuk itu, melalui giat Gemarikan ini, ia mengajak masyarakat bersama-sama menjadikan sektor perikanan sebagai salah satu peluang untuk dikembangkan. “Ikan ini salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi. Dan hal
yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya,” kata Nanang.(man)

BACA :  Karyawan Swasta Positif Covid-19