Puskesmas Kukuhkan 30 Saka Bakti Husada

232
David Zulkarnain – Upacara pengukuhan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Palas Puskesmas Rawat Inap Bumidaya, Minggu (24/3).

PALAS – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Bumidaya, Kecamatan Palas terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan dikukuhkan 30 Saka Bakti Husada sebagai mitra dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

          Saka Bakti Husada merupakan wadah pembekalan bagi pramuka baik penegak maupun pendega di bidang kesehatan sebagai bekal untuk mengabdi kepada masyarakat yang bertujuan mencapai hidup masyarakat yang sehat.

          “Saka Bakti Husada sebagai pelopor, mulai dari kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” ujar Kepala UPT Puskesmas Rawat Jalan Bumidaya, Herman pada saat pelantikan, Minggu (24/3).

BACA :  UMKM Harus Punya Izin Usaha

          Dalam pelantikan yang berlangngsung selama tiga hari itu, anggota Saka Bakti Husada diberikan enam krida, sebagai bekal mengabdi kepada masyarakat. Herman menyebutkan, enam krida tersebut antara lain, bina guna obat, bina lingkungan, bina gizi, bina penggulangan penyakit, bina keluarga sehat, dan bina PHBS.

          “Sebagai bekal untuk mengabdi kepada masyarakat anggota Saka Bakti Husada diberikan pengetahuan enam krida yaitu, bina guna obat, lingkungan, gizi penggulangan penyakit, keluarga sehat, dan bina PHBS,” papar Herman.

          Ia berharap dengan dikukuhkanya Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Palas Pangkalan Puskesmas Rawat Jalan Bumidaya dapat meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat.

BACA :  Realisasi PBB di Palas Masih Rendah

          “Harapan kami dengan dikukuhkannya Saka bakti Husada ini dapat menjadi mitra dalam meningkatkan kehatan lingkungan dan masyaraka,” harapnya.

          Sementara Camat Palas, Rika Wati, S.STP, MM yang turut hadir dalam pengukuhan tersebut mengaharapkan dapat membantu kinerja puskesmas dalam peberdayaan kesehatan masyarakat.

          “Sayar harapkan, untuk setiap puskesmas yang ada di Kecamatan Palas dapat berperan aktif dalam kegiatan Saka Bakti Husada ini, sebagai upaya kita dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” tutur Rika. (vid)