Puskesmas Natar Ditunjuk Cek Kesehatan CJH

63
Ist - Tim pemeriksa kesehatan CJH Puskesmas Natar saat berpose dengan para CJH usai tes kebugaran.

NATAR – Puskesmas Natar untuk kesekian kalinya dipercaya sebagai tempat pemeriksaan kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lampung Selatam khususnya Kecamatan Natar dan Jati Agung, penunjukan itu langsung dari Kantor Kementrian Agama.

Kepala UPT Puskesmas Natar dr. Nessi Yunita mengatakan sedikitnya ada 67 CJH yang direkomendasikan untuk memeriksa kesehatan di puskesmas natar namun hingga dua kali pemeriksaan hanya 53 CJH yang rutin memeriksakan dirinya, sementara dua CJH mengajukan pindah dan sisanya belum memberikan kepastian. “Jadi ada 12 CJH lagi yang belum ikut pemeriksaan kesehatan, biasanya nanti mendekati hari keberangkatan akan bertambah,” ungkapnya kepada Radar Lamsel diruang kerjanya, Selasa (25/2).

BACA :  Satu Pleton TNI dan Aparat Desa Semprot Disinfektan

Ia menambahkan, tahun 2020 ini CJH wajib mengikuti tes kesehatan rutin dua kali kemudian tes kebugaran dua kali dan penyuntikan vaksin miningitis satu kali. “Memang mulai satu tahun lalu tes kebugaran menjadi salah satu syarat penting untuk para CJH, sampai hari ini kami sudah melakukan tes kesehatan satu kali dan tes kebugaran satu kali,” tuturnya.

BACA :  Pelayanan Bandara Radin Inten Slow Down

Nessy menjelaskan, sebagai salah satu lembaga yang dipercaya memberikan rekomendasi kesehatan terhadap CJH itu pihaknya harus benar-benar memberikan masukan yang baik kepada pihak Kemenag. “Memang rekomendasinya final ada di Puskesmas, sehingga bebannya cukup besar,” kata dia.

Ia menambahkan, penunjukkan pihaknya sebagai lembaga yang memeriksa kesehatan CJH telah berlangsung sejak 2010 lalu. “Kalau tidak salah sudah 10 tahun lebih, yang menunjuk adalah pihak dari Kemenag, terimakasih telah memberikan kepercayaan itu kepada kami,” pungkasnya. (kms)