Puskesmas Palas Bangun IPAL

48
David Zulkarnain - Proses finising pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas, Jumat (7/8). Pembangunan IPAL sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan masyarakat.

PALAS – Unit Pelaksana Tekni (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas kini mulai mengedepankan pembuangan air limbah medes yang ramah lingkungan.

Hal itu dibuktikan dengan adanya pembanguan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di Puskesmas yang berlokasi di Desa Banguna itu.

Kepala UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas Rosmeli mengatakan, pembangunan instalasi pengolahan air limbah ini sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan masyarakat yang bermukim di sekitar puskesmas.

“Pengajuan pembangunan IPAL ini sebagai upaya untuk menjagan kebarsihan lingkungan masyarakat agar tidak tercemar air limbah yang berasal dari puskesmas,” kata Rosmeli memberikan keterangan kepada Radar Lamsel saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (7/8) kemarin.

BACA :  Disiplin Kesehatan di Pasar Jadi Sasaran

Rosmeli menjelaskan, selama ini limbah cair medis dibuang tanpa melalui proses filterisasi, sehingga lebih beresiko terjadi pencemaran. Namun dengan adanya IPAL ini limbah cair medis akan disterilisasi sebelum dibuang ke saluran limbah masyarakat.

“Yang kita khawatirkan ada pencemaran seperti sumber air sumur warga. Namun nanti limbah cair dari kamar mandi atau cucian akan tersaring di instalasi ini. Jadi ketika dibuang ke salaruran limbah masyarakat tidak akan mencemari lingkungan,” jelasnya.

BACA :  Pasal Sampah, Pengurus Pasar jadi Cibiran

Pembangunan IPAL menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Kesehatan Lampung Selatan dengan anggaran sebesar Rp 480,5 juta. Dimana proses pembangunan yang dikerjakan oleh PT. Kenzo Putra Linas telah sampai tahap finishing.

Rosmeli berharap, dengan adanya pembangunan IPAL ini dapat menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat aman dari pencemaran limbah cair medis.

“Sudah hampir selesasai, mungkin dua pekan lagi sudah bisa dimanfaatkan. Harapan kita dengan adanya pembangunan ini bisa menciptakan lingkungan masyarakat di area puskesmas semakin sehat,” harapnya. (vid)