Puskesmas Palas Jalankan Program PIS PK

699

PALAS – Program Indonesia Sehat (PIS) mulai digerakkan sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Program tersebut mulai jalankan seluruh lapisan petugas kesehatan hingga tingkat kecamatan.

Di Kecamatan Palas, PIS dijalankan melalui cara pendekatan keluarga (PK) untuk menjangkau kesehatan masyarakat diwilayah itu. Program ini juga untuk menciptakan masyarakat yang sehat di Kecamatan Palas dan terhindari dari berbagai penyakit.

Kepala UPT Puskesmas Palas Bambang Prianto menerangkan, porgaram PIS PK tersebut  bertujuan untuk meningkatkan jangkauan sasaran kesehatan masyarakat di Kecamatan Palas. “Melalui pendekatan keluarga nantinya akan diketahui indeks kesehatan pada tiap masing-masing rumah tangga,” kata Bambang kepada Radar Lamsel, Jumat (23/3).

BACA :  11 PK Menyimpang, Golkar tak Khawatir

Tahun 2018, lanjut Bambang, pihaknya melakukan pendataan sebanyak 6 desa di Kecamatan Palas. Yakni, Desa Sukaraja, Desa Sukabakti, Desa Sukamulya, Desa Tanjungsari, Desa Mekarmulya dan Desa Rejomulyo dengan mengerahkan 20 petugas yang terdiri dari Bidan Desa dan staf Puskesmas Palas.

“Desa yang pertama akan di data yaitu Desa Suka Raja. Dengan metode kuisioner tim akan bekerja secara dor to dor mendatangi setiap rumah tangga,” ujarnya.

BACA :  Baru Setahun Diperbaiki, Jembatan Rusak Lagi

Sementara itu, Camat Palas Rika Wati, S.STP, MM sangat mengapresiasi atas dilaksanakanya program PIS PK oleh UPT Puskesmas Kecamatan Palas. Dengan adanya program tersebut diharapkan masyarakat Kecamatan Palas akan mendapatan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Dengan adanya program tersebut pihak puskesmas akan mengtahui indeks kesehatan pada setiap rumah tangga. Kami sangat mengapresiasi program tersebut dalam menuju masyarakat Palas yang lebih sehat,” pungkasnya. (Cw1)