Puskesmas Penengahan Bagi-bagi Alat Keselamatan Kerja

748
Randi Pratama – Petugas Puskesmas Rawat Inap Penengahan memberikan peralatan keselamatan kerja kepada para pekerja, Selasa (23/8) kemarin.

PENENGAHAN – Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Penengahan menjalankan program kesehatan keselamatan kerja (K3) dengan membagikan alat kesehatan untuk para pekerja di perusahaan dan industri yang ada diwilayah setempat. Alat kesehatan yang dibagikan Puskesmas Kecamatan Penengahan seperti baju kerja, masker, helm, kacamata, sarung tangan dan sepatu.
Kepala UPT Puskesmas Penengahan Hi. Herwin,S.Km mengatakan, pembagian alat kesehatan tersebut untuk memberikan keamanan kepada para pekerja pada saat menjalankan pekerjaan. “Karena keamanan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman. Tujuan utama program ini adalah memberikan pengertian kesehatan melalui pembinaan terhadap kesehatan para pekerja,” katanya kepada Radar Lamsel, Selasa (23/8).
Lebih lanjut mantan Kepala Puskesmas Ketapang ini menerangkan, Puskesmas ingin menjalin kerjasama kepada para pelaku industri dengan tujuan mengutamakan kesehatan pekerja dan meninjau yang dikerjakan para pekerja.
“Karena sangat berbahaya bila tidak dilakukan pemeriksaan. Contoh pekerja yang bekerja dirumah makan. Bila pekerja menderita penyakit menular seperti TBC tentu akan sangat membahayakan rekan dan pembeli karena penyakit itu secara tidak langsung akan ditularkan dengan yang lain,” paparnya.
Lebih lanjut Herwin mengatakan, Puskesmas Penengahan mempunyai rencana mengunjungi para pelaku usaha untuk memberikan imbauan tentang keselamatan dan kesehatan para pekerja.
“Petugas kesehatan akan turun kelapangan untuk mengunjungi pemilik usaha. Disana petugas akan memberikan pembinaan kepada pemilik agar lebih memperhatikan para pekerjanya dan mengintruksikan kepada seluruh perusahaan untuk melakukan pengecekan terhadap para pekerjanya di puskesmas 6 bulan sekali, hal ini dilakukan agar program K3 ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” pungkas Herwin. (Cw1)

BACA :  Nanang Tebar Masker di Pasar Inpres