Puskesmas Penengahan Jadi Posko Pelayanan Bagi Pemudik

483
Dok. Radar Lamsel – PRI Penengahan yang terletak di Jalinsum Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan dijadikan posko pelayanan bagi pemudik.

PENENGAHAN – Puskesmas Rawat Inap (PRI) Penengahan akan membentuk posko pelayanan kesehatan bagi pemudik. Sebagai informasi, posko ini akan berada di puskesmas itu sendiri. Jadi, pemudik yang ingin mengecek kesehatan bisa langsung datang ke puskesmas dan langsung mendapat pelayanan.

          Kepala UPT PRI Penengahan, Syaiful Anwar, S.Km mengatakan pihaknya memang tidak membentuk posko seperti yang dilakukan oleh pihak dan instansi lain. Pasalnya, lokasi PRI Penengahan yang berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) sudah cukup strategis.

“Poskonya di puskes saja. Kita tidak ada pos, kita buka seperti biasa jaga UGD (unit gawad darurat) karena puskes berada di jalur lintas,” kata Syaiful kepada Radar Lamsel, Senin (27/5) kemarin.

BACA :  Tiga Wilayah Deklarasi Pilkada Damai

Meski disebut posko, namun Syaiful memastikan pelayanan yang diberikan tetap proporsional. Syaiful mengatakan bahwa seluruh petugas akan standby di puskesmas dalam jangka waktu 24 jam yang dibagi 3 sif, pagi, siang, dan malam. Dari 3 petugas ini, dua adalah perawat, dan 1 diantaranya merupakan dokter umum.

“Kalau fasilitas enggak ada penambahan. Tapi kita siapkan 3 petugas yang standby 3 orang. Nanti mereka ini yang memberikan pelayanan kepada pemudik yang memiliki masalah dengan kesehatan,” katanya.

BACA :  Tiga Wilayah Deklarasi Pilkada Damai

Meski tak membentuk posko, namun Syaiful berniat memasang pemberitahuan kepada pemudik. Caranya dengan memasang plang atau banner pemberitahuan jika posko berada di dalam PRI Penengahan. Syaiful mengatakan pemasangan papan pemberitahuan itu penting.

Enggak ada juga tendanya. Kalau ada sih bagusnya dipasang biar kelihatan. Tapi nanti kita pasang (pemberitahuan) di posko. Supaya pemudik tahu, oh ini loh poskonya, ternyata di sini ada posko loh. Begitu,” katanya. (rnd)