Puskesmas Periksa Kesehatan ODP

133
Shofyan Apriyansyah – Tim gugus tugas Puskesmas Sidomulyo, memeriksa kesehatan salah seorang warga Desa Sukamarga, pekerja di Jakarta, yang baru saja pulang ke kampung halaman, di Posyandu setempat, Senin (23/3).

CANDIPURO – Tim gugus tugas Puskesmas Candipuro, memeriksa kesehatan empat orang  warga Kecamatan Candipuro, yang bekerja diluar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru saja tiba di kampung halaman.

Dimana ke empat TKI itu dua diantaranya dengan penuh kesadaran berkunjung secara pribadi ke Puskesmas Candipuro untuk memeriksakan kesehatan.

Kemudian dua Tki lainya, dilakukan pemeriksaan kesehatan dikediamanya masing-masing.

Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Candipuro Edi mendampingi Kepala UPT Puskesmas Candipuro Sunardi mengatakan, pihkanya bersama Tim gugus tugas Puskesmas Candipuro, telah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada empat orang warga Kecamatan Candipuro yang bekerja di luar negeri sebagai TKI yang baru saja tiba di kampung halaman.

“ Ya, benar hari ini kami telah memeriksa kesehatan empat orang warga Candipuro, baru saja pulang kekampung halaman dari bekerja diluar negeri, yang masuk kategori Orang Dalam Pantauan (ODP),” ungkap Edi saat memberikan keterangan kepada Radar Lamsel di kantornya, Senin (23/3).

Dimana setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim gugus tugas Puskesmas Candipuro kata dia, ke empat orang TKI tersebut dinyatakan sehat.

“ Hasil diagnosa diantarnya dua orang TKI Hongkong dan Taiwan didagnosa mengalami ganguan kesehatan batuk pilek biasa. Secara keseluruhan, hasil diagnosa oleh Tim gugus tugas Candipuro, ke empat TKI tersebut dinyatakan sehat dan seteril dari Covid-19,” kata Edi.
Meski begitu sambungnya, ke empat orang TKI yang masuk kategori ODP masih terus dilakukan pemantauan kesehatan sampai 14 hari kedapan, sampai dinyatakan benar-benar sehat dan seteril dari Covid-19.

“ Ya, kami terus memonitoring kesehatan empat TKI itu. Diamna selama 14 hari melakukan isolasi secara mandiri empat TKI itu kami cek kesehatannya sampai benar-benar dinyatakan sehat dan seteril dari paparan Covid-19,” ucapnya.

Dibagian lain, dalam upaya antisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Deseas (Covid-19), Pemerintah Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo bersama Tim gugus tugas percepatan penaganan Covid-19 Puskesmas Sidomulyo, melakukan cek kesehatan kepada empat orang pekerja di Jakarta warga desa setempat, yang baru saja pulang ke kampung halaman.

“ Ya, kami sudah instruksikan kepada seluruh aparatur desa Sukamarga, untuk melaporkan warganya yang kedapatan baru pulang dari luar negeri atau daerah, sebagai pekerja atau penlancong dan baru saja tiba kekampung halman, untuk memeriksakan diri ke Fasyankes terdekat,” ujar Kepala Desa Sukamarga Siadiantori, saat memberi keterangan kepada Radar Lamsel,di balai desa setempat, kemarin.

Hari ini kata dia, pihaknya bersama Tim gugus tugas Puskesmas Sidomulyo, sedang mengecek empat orang pekerja dari salah satu pabrik di Jakarta, merupakan warga Desa Sukamarga yang baru Saja tiba di kampung halaman.

“ Empat orang pekerja ini, masuk ketegori Orang Dalam Pantauan (ODP). Jadi kami bersama petugas kesehatan Puskesmas Sidomulyo sedang melakukan cek kesehatannya,” katanya.

Sejauh ini sambung dia, hasil diagnosa petugas kesehatan, empat orang warganaya yang masuk kategori ODP tersebut dinyatakan sehat dan seteril dari Covid-19.

“ Namun, empat orang pekerja di Jakarta yang merupakan warga Desa Sukamrga ini, akan terus di monitoring kesehatannya oleh Tim gugus tugas Puskesmas Sidomulyo, selama isolasi mandiri di rumah 14 hari kedepan. Sampai dinyatakan benar-benar sehat dan seteril dari paparan virus berbahaya ini,” tukasnya.(CW2)