Puskesmas Tanjung Sari Sosialisasi Pemahaman Covid-19

133
Rifky - Pihak UPT Puskesmas Tanjung Sari Dr. Ria saat memaparkan covid-19 kepada perangkat desa Kertosari, Senin (27/4).

TANJUNG SARI – Di tengah wabah pandemik covid-19, petugas kesehatan terus berusaha memerangi virus mematikan asal kota Wuhan itu. Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Puskesmas Tanjung Sari kembali menggelar sosialisasi. Tangan kanan Dinas Kesehatan ini memperkenalkan lebih dalam mengenai covid-19 kepada seluruh perangkat desa.

 

“Sebetulnya perkumpulan seperti ini tidak boleh, cuma dengan amat terpaksa dan dengan sesuai protokol dengan menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa,” kata petugas UPT Puskesmas Tanjung Sari, dr. Ria kepada Radar Lamsel di Desa Kertosari, Senin (27/4).

 

BACA :  Satu Positif, Sekeluarga Dirapid Tes

Ria mengatakan sosialisasi itu bertujuan agar seluruh perangkat desa dapat menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Menurut dia, pengetahuan tentang Covid-19 wajib dipahami setiap orang, tanpa terkecuali. Selain itu, masyarakat juga harus tahu seperti apa informasi dan peristiwa terkini agar tidak terjebak dalam info palsu.

 

“Sangat penting sekali. Makanya, pihak puskesmas harus memberitahu agar tidak terjadi simpang siur,” ujarnya.

 

Menurut Ria, memutus rantai penyebaran covid-19 dapat dilakukan dengan mengikuti arahan pemerintah. Anjuran pemerintah itu, lanjut dia, untuk kepentingan masing-masing individu dan orang banyak. Karenanya, pemerintah memberlakukan kerja di rumah, sekolah di rumah, dan beribadah di rumah. Itu semua himbauan dari pemerintah yang mesti dijalankan.

BACA :  Satu Positif, Sekeluarga Dirapid Tes

 

“Kalau keluar betul-betul dalam keadaan urgent harus sesuai dengan protokol juga, wajib pakai masker, cuci tangan, setelah berpegian langsung mandi baju langsung dicuci,” katanya.

 

Disamping itu, Kades Kertosari Albert Halomoan S. berharap dengan adanya sosialisasi itu, antusias warga dalam mencegah penyebaran covid-19 makin bertambah.

 

“Kita sebelumnya juga sudah menyebarkan surat edaran kepada warga mengenai pencegahan covid ini, tapi ini bagus. Mudah mudahan antusias masyarakat semakin meningkat,” ucapnya. (cw1)