Puskesmas Tanjung Sari Target Naik Status

127
Ilustrasi Puskesmas

TANJUNG SARI – Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Puskesmas Tanjung Sari tahun ini menargetkan naik status dari akreditasi dasar menjadi utama. Hal itu diungkap Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Sari Bambang Kurniawan kepada Radar Lamsel, kemarin. 

Disampaikannya, akreditasi puskesmas pernag dilakukan tiga tahun lalu dan pihaknya mendapat predikat dasar dengan fasilitas yang seadanya. “Saat ini fasilitas sudah lengkap, tentu target jadi tinggi,” katanya.

Bambang menjelaskan peningkatan akreditasi diperlukan untuk memperbaiki mutu pelayanan kesehatan di puskesmas. “Intinya peningkatan mutu layanan, 
Dimana mutu layanan tercermin pada kualitas layanan dan kenyaman pasien ditempat fasilatas kesehatan,” tuturnya.

BACA :  4 Desa di Way Lima Rentan Kasus DBD

Saat ini sambungnya, Puskesmas Tanjung Sari tengah mempersiapkan semua persyaratan akreditasi tersebut mulai dari verifikasi administrasi dan fasilitas yang ada. “Semua masih dalam persiapan, tetapi pada hakekatnya kami sudah siap,” ucapnya.

Selain akreditasi ulang, pihaknya tengah menyiapkan Puskesmas Rawat Inap (PRI) untuk merealisasikan permintaan masyarakat yang cukup tinggi. “Masyarakat menilai lokasi yang jauh dari kota sangat perlu PRI, apalagi letaknya di perbatasan kabupaten. Saat ini kami juga tengah menunggh proses izin dari Kemenkes terkait PRI,” terangnya. 

BACA :  Mantap! Kelompok PKH Bentuk KUB

Meski menunggu izin, syarat yang masih sulit dipenuhi oleh pihaknya untuk menjadi PRI adalah ketersediaan dokter gigi. “Salah satu syaratnya itu dokter gigi, sementara kita sulit mencari dokter gigi,” pungkasnya. (Kms)

BAGIKAN