Rapid Tes Usai Kontak dengan Pasien Covid-19

37

SIDOMULYO – Puskesmas Rawat Inap (PRI) Sidomulyo, melakukan pemeriksaan RDT terhadap 33 orang warga, yang diketahui memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 di wilayah itu.
Di hari sebelumnya, para medis sudah lebih dulu melakukan pemeriksaan RDT, terhadap keluarga dan kerabat dekat pasien terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 18 orang, di lingkungan Puskesmas setempat pada Senin 28 September lalu.
Kepala Puskesmas Sidomulyo dr. Rocky Sihombing mengatakan, pemeriksaan dihari kedua, tercacat ada 33 orang warga Sidomulyo yag memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi, telah menjalani pemeriksaan RDT.
“ Ya, hari ini (kemarin’red), 33 orang warga Sidomulyo yang diketahui memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi, telah menjalani pemeriksaan rapid test di Puskemas,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, kemarin.
dr. Rocky Sihombing mengatakan, rencananya pemeriksaan RDT kembali akan dilaksanakan, pada Rabu 30 September (hari ini’red) di Puskesmas setempat sampai dengan selesai, terhadap warga yang memiliki riwayat kontak dengan yang bersangkutan.
Ia menerangkan, saat ini pihaknya sedang berfokus melakukan serangkaian upaya pencegahan secara terarah, sesuai Standar Oprasional Prosedur (SOP) penanganan Covid-19, bersama aparatur desa terkait diwilayah itu.
“ Sesuai SOP, warga yang telah menjalani RDT telah kita imbau untuk melakukan isolasi mandiri dikediaman masing-masing dan dalam monitoring ketat Puskemas dan aparatur desa terkait,” tutupnya.
Dibagian lain, Kepala Desa Sidoharjo Tomi Yulianto mengamini hal tersebut. Dimana ia mengatakan, hasil screening awal oleh tenaga para medis Puskesmas terhadap warganya tersebut, masih diambang aman.
“ Informasinya, hasil rapid test awal oleh tim para medis Puskemas Sidomulyo, terhadap warga Sidoharjo, dihari pertama Senin 28 September lalu, baik keluarga dan kerabat dekat hasilnya non reaktif. Begitu juga hasil pada pemeriksaan rapid tes kedua ini, terhadap orang yang memilki riwayat kontak dengan (warga terkonfirmasi covid-19)” ujarnya.
Saat ini lanjutnya, pihaknya sedang berkoordinasi bersama pihak Puskemas Sidomulyo, mengupayakan langkah-langkah pencegahan sesuai SOP kesehatan.
“ Ya, warga yang telah di rapid test pun sudah kita imbau untuk menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing sampai 14 hari kedepan,” pungkasnya.(CW2)

BACA :  Demi Keluarga Nelayan Hadapi Cuaca Buruk