Ratusan Hewan Penular Rabies Divaksin

56
Rifky - PETUGAS Puskeswan Tanjung Bintang saat melakukan vaksinasi kepada seekor anjing peliharaan milik warga, Selasa (2/9).

TANJUNG BINTANG – Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Tanjung Bintang melakukan vaksinasi kepada 150 Hewan Penular Rabies (HPR) secara door to door di empat desa, Selasa (2/9).

 

Terdapat tiga jenis HPR, yaitu anjing, kucing dan kera. Namun, vaksinasi yang dilakukan oleh petugas Puskeswan Tanjung Bintang itu lebih diutamakan untuk anjing peliharaan milik warga. Hasilnya, sebanyak 113 ekor anjing, 35 ekor kucing dan dua ekor kera dilakukan vaksinasi secara gratis oleh petugas Puskeswan Tanjung Bintang.

 

Vaksinasi itu dipusatkan di desa yang padat penduduk, serta memiliki populasi HPK yang tinggi terutama anjing. Empat desa itu diantaranya yakni Desa Srikaton, Serdang, Way Galih dan Sabahbalau.

BACA :  Ajak Tokoh Awasi Pilkada

 

“Ya, ini kegiatan Bulan Bakti Rabies kita melakukan vaksinasi 150 ekor HPR kita fokuskan untuk desa yang populasi anjing nya tinggi,” Kata KUPT Puskeswan Tanjung Bintang Sujatmiko saat melakukan vaksinasi di Desa Srikaton, Rabu (2/9).

 

Vaksinasi itu sendiri dilakukan dengan tujuan mencegah terjadinya penularan penyakit rabies yang terdapat di HPR kepada manusia. Biasanya penyakit rabies menular melalui melalui gigitan.

 

“Rabies bahasanya kalau dulu anjing gila. Tujuannya melindungi hewan dan melindungi manusianya. Tapi sebetulnya melindungi hewannya agar tidak terkena penyakit rabies. Takutnya kalau hewan itu terkena rabies bisa menularkan kepada manusianya namanya zoonosis, penyakit hewan yang dapat menular ke manusia,” Terangnya.

 

Sambungnya, selain vaksinasi di Bulan Bakti Rabies, vaksinasi terhadap HPR juga dapat dilakukan secara reguler dengan cara membawa hewan peliharaan ke Puskeswan.

BACA :  Puskesmas Ajak Warga Tekan Covid-19

 

“Pemilik HPR nggak bisa vaksinasi sendiri, harus dilakukan oleh petugas. Kalau ingin vaksinasi diluar Bulan Bakti Rabies ini bisa dilakukan dengan cara datang ke Puskeswan. Kalau Bulan Bakti Rabies ini kita lakukan bersama aparatur desa, mengunjungi setiap rumah yang terdapat HPR,” Ungkapnya.

 

Dirinya berharap, masyarakat yang memiliki peliharaan HPR dapat berpartisipasi melakukan vaksinasi kepada petugas Puskeswan demi keselamatan hewan ataupun pemilik dari penyakit rabies.

 

“Harapannya masyarakat turut berpartisipasi melakukan vaksinasi, supaya hewan peliharaan milik warga bisa terhindar dari penyakit rabies,” Tuturnya.(cw1)