Rawan Bencana, Dinsos Lampung Beri Pelatihan KSB di Sragi

503

SRAGI – Untuk menciptakan masyarakat yang tanggap bencana, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung memberikan pelatihan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi, Rabu (2/5) kemarin.

Pelatihan KSB itu diikuti oleh 60 peserta yang berasal 10 dari desa di Kecamatan Sragi. “Untuk 9 desa masing-masing diambil 5 peserta dan satu desa yaitu Bandar Agung diambil 15 peserta,” kata Tuti, bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Sosial Provinsi Lampung usai memberikan sosialisasi.

BACA :  Hipni Terganjal Melin

Tuti mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan untuk melatih masyarakat agar tanggap dalam menanggulangi bencana.  Peserta akan diberikan sosiaslisasi tentang kebencanaan serta penangulangannya.

“Selama tiga hari peserta akan dibekali dengan informasi kebencanaan, juga dilatih bagaimana cara mengevakuasi korban,” kata dia kepada Radar Lamsel.

Tuti berharap, dengan adanya pelatihan tersebut masyarakat akan lebih tanggap dalam menaggulangi bencana yang terjadi. “Alasan dilakukan pelatihan KSB Sragi karena kecamatan Sragi ini merupakan salah satu daerah yang rawan banjir dan angin putingbeliung. Harapan saya masyarakat akan lebih siap dan tanggap bila terjadi bencana,” harapnya.

BACA :  Ranperda KLA Disahkan

Sementara itu Kepala Desa Bandar Agung Samsul mengatakan, dengan dibentuknya tim KSB Harapan Baru Kecamatan Sragi dapat menangani bencana yang terjadi.

“Di pelatihan ini peserta dibekali penanganan sebelum dan sesudah bencana. Diharapkan KSB Harapan baru ini  jika sewaktu-waktu terjadi bencana di Sragi mereka akan tanggap dalam menangulanginya.” haranpnya. (Cw1)