Ribuan Santri Peringati HSN

37
Ist - Suasana peringatan HSN di Kecamatan Jati Agung.

JATI AGUNG – Ribuan Santri perwakilan dari pondok pesantren Ikuti perayaan Hari Santri Nasional Indonesia (HSNI) yang ke-5 di kecamatan Jati Agung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Perayaan Hari Santri bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar santri yang ada di kecamatan Jati Agung dan umum nya di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Agar para santri dapat memiliki jiwa saling tolong menolong antar sesama, serta santri juga harus memiliki jiwa membangun nasionalisme kebangsaan, yang terutama membangun individu sepiritual seperti mentaati keimanan nya, mematuhi apa perintah nya serta dapat menjujung tinggi martabat orang tua dan gurunya, dan tetap harus menjaga persatuan antar umat.

Pengasuh Pondok Pesantren Yanbu`ul Ulum Dan Ketua Robitoh`Ma Ahid Islamiah (RMI) Ahmad Syukron Malik sekaligus pelaksana mengatakan perayaan yang diikuti oleh ribuan santri dari 32 Pondok Pesantren itu merupakan agenda tahunan. “Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dapat terselengarah berkat kerja sama antara Pengurus RMI dengan Pemerintah Kecamatan Jati Agung dan Pengurus Nahdatul Ulama( NU),” ungkapnya.

BACA :  Istri Mensos Bagikan 2 Ribu Paket Sembako

Sementara Camat Jati Agung Jhoni Irzal mengatakan santri merupakan salah satu pelopor kemerdekaan, tanpa santri dan kiyai mungkin indonesia akan sulit merdeka. “Terimakasih santri dan kiyai telah berjuang untuk kemerdekaan indonesia, peringatan hari santri hanya sebatas penghargaan dari negara kepada perjuangan itu,” pungkasnya.

 

Di bagian lain, HSN di Kecamatan Tanjungsari HSN diperingati dengan sederhama, tak seperti yang sudah-sudah yang begitu ramai. Kendati sederhana HSN disana tetap meriah.

 

Camat Tanjung Sari Rahmat Hadi Wijaya, S.STP., M.Si mengungkapkan, peringatan HSN di Kecamatan Tanjung Sari hanya dilaksanakan berupa pengajian di Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Muriidin, Desa Wasan.

BACA :  Pemindahan Pasar Sayur Terbesar Terus Berhembus

 

“Tahun 2018 di Desa Wawasan, tahun 2019 di Desa Purwodadi Dalam. Tahun ini hanya pengajian tadi malam di Ponpes Raudlotul Muriidin di Desa Wawasan sekaligus memperingati HSN,” Ucapnya kepada Radar Lamsel melalui panggilan seluler, Kamis (22/10).

 

Dua tahun yang lalu, peringatan HSN diperingati dengan begitu meriah, disertai dengan upacara bagi para santri serta perlombaan Qasidah bagi para ibu juga pengajian.

 

“Seluruh desa bergabung untuk memperingati HSN di satu titik, kesepakatannya di Desa mana. Sekarang hanya sederhana saja, nggak ada upacara,” Pungkasnya.(kms/rif)