Rini Ajak Muli-Mekhanai Menyuarakan Potensi Wisata dan Budaya Lampung Selatan

342

KALIANDA – Sebanyak 50 pasangan Muli-Mekhanai Lamsel mulai mengikuti seleksi untuk maju pada grand final pemilihan Muli-Mekhanai di malam puncak Festival Kalianda 2019.

Acara seleksi Muli-Mekhanai yang meliputi tes tertulis dan wawancara tersebut dihelat oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamsel selaku penyelenggara kegiatan, di Rumah Adat Lampung (depan Dishub Lamsel, red), Sabtu (6/7) pagi.

Para peserta Muli Mekahani yang mengikuti seleksi tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan, dinas/instansi lingkup Pemkab Lamsel, serta perwakilan dari sejumlah Agency Modeling yang ada di kabupaten gerbang krakatau ini.

Plt. Kepala Disparbud Lamsel Ir. Rini Ariasih, MM mengungkapkan, ajang pemilihan Muli-Mekhanai setiap tahunnya selalu diminati para kaula muda. Bahkan, peserta yang mendaftar dari masing-masing kecamatan bisa lebih dari satu pasang.

BACA :  DPT Pilkada Diketok 704.367

“Ini membuktikan ajang pemilihan muli-mekhanai masih tetap diminati oleh para generasi muda. Karena, menyandang predikat Muli-Mekhanai terbaik akan menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi setiap orang yang mendapatkan gelar tersebut,” ujar Rini kepada Radar Lamsel saat ditemui disela-sela acara seleksi peserta.

Rini menuturkan, penobatan gelar Muli-Mekhanai Lamsel terbaik adalah orang yang benar-benar memiliki intelegensia/kecerdasan yg baik (brain), perilaku/sikap yg baik (Behaviour) dan penampilan dan talenta yg baik (beauty) serta wawasan dan pengetahuan tentang seputar Lamsel, khususnya potensi kepariwisataan yang pada saatnya nanti mampu mempromosikan kepada masyarakat luas.

BACA :  Perkantoran Pemkab Mulai Was-was

“Melalui ajang pemilihan Muli-Mekhanai ini, para pemenangnya nanti diharapkan bisa mendukung dan menyuarakan visi-misi pemkab Lamsel, dan visi dan misi pak bupati dalam mempromosikan potensi-potensi wisata dan kebudayaan yang ada dikabupaten Lamsel, sehingga dunia wisata dan budaya Lamsel menjadi lebih maju dan berkembang,” harapnya.

Dikatakannya, 50 peserta Muli-Mekhanai Lamsel yang diseleksi oleh para tim juri, nantinya akan ditampilkan diatas panggung kesenian pada acara malam grand final. “Nanti semua peserta muli mekhanai pasang akan ditampilkan pada acara grand final di malam puncak even Festival Kalianda yang digelar di panggung kesenian Gedung Olahraga Way Handak (GWH) pada, Senin (8/7) malam mendatang,” pungkasnya. (iwn)