Rini Ariasih: WBK dan WTC Punya Potensi

63

PENENGAHAN – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan kembali mengunjungi destinasi wisata yang ada di kecamatan. Kamis (16/7/2020), giliran Way Benteng Kedagaan, desa Padan, dan Way Tebing Cepa, desa Yaman Baru, kecamatan Penengahan, yang dicek.

Kedatangan instansi yang menaungi wisata ini untuk melihat, sekaligus menginventarisir potensi yang ada di lokasi tersebut. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, Ir. Rini Ariasih, mengatakan dirinya ingin memastikan kondisi wisata di kecamatan Penengahan.

Setelah melihat-lihat lokasinya, Rini menilai WBK dan WTC memiliki potensi yang bagus. Kedua wisata ini juga memiliki kelebihan yang jarang dipunyai wisata pemandian. Yaitu kolam pemandian berisi air murni yang mengalir langsung dari pegunungan.

BACA :  Pemberdayaan dan Akses Jalan Jadi Prioritas di Tahun 2021

“Mungkin bisa saja dibuat yang lain ya, karena airnya memang banyak,” katanya kepada Radar Lamsel.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Lamsel ini melanjutkan, ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan oleh pengelola maupun pokdarwis. Khususnya akses bagi pengunjung yang perlu ditingkatkan lagi.

Menurut Rini, membangun pariwisata tidak akan bisa dilakukan oleh dinasnya sendiri. Harus ada sinergi dan integrasi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait lainnya. Untuk itu, lanjut Rini, pihaknya menginventarisir apa saja yang diperlukan agar bisa mendorong wisata tersebut.

BACA :  Semua Dusun Target Pembangunan Pemdes Banjarmasin

Setelah selesai, Rini mengatakan pihaknya akan menyampaikannya kepada OPD terkait. Seperti akses jalan ke Dinas PUPR, untuk ekonomi kreatifnya bisa ke Dinas Koperasi, pemberdayaan masyarakatnya juga, dan lain-lain.

“Ya tentu maksud kita kunjungan ke sana seperti itu. Yang sudah saya sebutkan itu saran-saran kami kepada mereka, dan apa yang nanti bisa kami sounding kepada OPD terkait,” katanya. (rnd)