Ruat Laut Ungkapan Rasa Syukur dan Mohon Keselamatan

188
KETAPANG – Masyarakat Desa Sumur, Kecamatan Ketapang menggelar ruat laut, Jumat (27/12). 
 
Ruat laut di pusatkan di pantai Dusun Keramat, Desa Sumur dihadiri langsung sejumlah pejabat Lampung Selatan seperti Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Pemkab Lamsel, Kapolres Lampung Selatan AKBP. Edi Purnomo, S.Ik, MM dan sejumlah pejabat Pemkab Lamsel, Camat Ketapang Madro’i, SE serta Kepala Desa (Kades) Sumur I Nyoman Primawijaya.
 
Upacara sakral tersebut berlangsung hikmat diikuti ribuan masyarakat Desa Sumur dan desa sekitarnya. 
 
Kepala Desa Sumur, Kecamatan Ketapang I Nyoman Prima Wijaya mengatakan, prosesi ruat ruat laut dimulai sejak Kamis malam dan berakhir Jumat siang dengan melarung sesaji berupa kepala kerbau di tengah laut. 
 
Lebih lanjut Nyoman Prima Wijaya mengatakan, ruat laut akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap dua tahun sekali. “Ruat laut sebelumnya pernah dilakukan rutin, tapi sejak beberapa tahun terakhir ruat laut tidak dilaksanakan. Untuk melestarikan adat budaya kegiatan ruat laut ini akan dilaksanakan secara rutin dua tahun sekali,” kata Sabri panggilan akrab Nyoman Prima Wijaya.
 
“Selain melestarikan adat budaya, ruat laut juga sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan hasil laut dan keselamatan bagi masyarakat khususnya nelayan di Desa Sumur dan sekitarnya. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mempererat silaturahmi persatuan dan kesatuan antar umat beragama,” imbuhnya.
 
Sementara Asisten Ekobang, Pemkab Lamsel Ir. Hermansyah mengatakan, kegiatan ruat laut menjadi salah satu tujuan wisata adat budaya yang harus di lestarikan. Sebagai perwakilan Pemkab Lamsel, Hermansyah berharap agenda ruat laut dilaksanakan secara rutin di tahun mendatang.
 
“Ruat laut akhir-akhir ini jarang sekali dilaksanakan diwilayah. Kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin khususnya di wilayah di Lamsel karena ruat merupakan salah satu tujuan wisata,” ujarnya saat sambutan.
 
Kapolres Lamsel AKBP. Edi Purnomo,S.IK menambahkan, ruat laut menjadi sarana pemersatu masyarakat, suku dan adat budaya yang ada di Lampung Selatan khususnya di Desa Sumur, Kecamatan Ketapang. “Kami sangat mendukung kegiatan ruat laut ini. Kegiatan seperti ini untuk mempererat persatuan dan kesatuan umat beragama,” katanya.(man)
BACA :  Musrenbangdes Sumur, Sektor Pembangunan Infrastruktur Masih Mendominasi