Rute Kalianda – Bandara Branti Segera Dibuka

1563
Diskominfo Lamsel – Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan beraudiensi dengan jajaran direksi PT. Lampung Jasa Utama (BUMD Bus Trans Lampung) diruang rapat Bupati Lamsel, kemarin.

PT. LJU Jalin Kerjasama dengan Pemkab

KALIANDA – Kabar gembira untuk masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan. Pasalnya, PT. Lampung Jasa Utama (BUMD Bus Trans Lampung) bakal menjalin kerjasama dengan Pemkab Lamsel untuk penambahan rute khusus Kalianda-Bandara Raden Intan II Natar (Branti).

Itu terungkap dalam audiensi Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan bersama dengan Direktur Utama BUMD PT. Lampung Jasa Utama, Andi Jauhari Yusuf yang difasilitasi oleh Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Lamsel di ruang rapat Bupati Lamsel, Selasa (6/12) kemarin.

Rencananya, Bus Trans Lampung bakal melakukan konektivitas transportasi ke wilayah Kota Kalianda. Tujuannya, untuk pengembangan sektor kepariwisataan di Bumi Khagom Mufakat ini.

Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan menyambut baik rencana yang ditawarkan PT. Lampung Jasa Utama tersebut. Menurutnya, akses transportasi yg mudah merupakan salah satu aspek utama dalam memajukasn sektor pariwisata di kabupaten paling selatan ini.

“Ini wacana yang sangat baik sekali. Karena, dengan kemudahan transportasi sangat membantu mempromosikan wisata yang ada di kabupaten ini,”ujar Zainudin.

BACA :  Perangi Corona Awasi Dananya!

Bahkan, pihaknya mengusulkan pemberhentian atau halte utama bum milik Pemprov Lampung ini dibangun di sekitar Masjid Kubah Intan Kalianda. “Mudah-mudahan bisa memudahkan masyarakat dalam bertransportasi. Karena, selain pariwisata masyarakat Lamsel juga membutuhkan transportasi menuju Kota Bandarlampung,”tutupnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Lampung Jasa Utama Andi Jauhari Yusuf mengatakan, wacana tersebut merupakan program angkutan aglomerasi yang ada di Bus Trans Lampung. Dalam artian, angkutan yang menghubungkan dua kabupaten/kota untuk melayani masyarakat.

“Kami ingin menambah trayek atau rute wilayah. Karena, saat ini baru wilayah Pringsewu yang telah menjalankan kerjasama yang serupa,”kata Andi saat diwawancarai Radar Lamsel usai audiensi, kemarin.

Pihaknya, akan melakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan kerjasama tersebut. Mulai dari pengurusan izin trayek hingga hal teknis lainnya.

“Ini transportasi yang berkonektifitas. Jadi, dari Kota Kalianda sampai dengan Terminal Panjang dan dilanjutkan hingga Bandara Raden Intan II. Dalam waktu dekat, kerjasama ini bakal segera terjalin,”imbuhnya.

BACA :  Lapas Kalianda Sediakan SDP Untuk Kunjungan Online

Lebih lanjut dia mengatakan, bus yang ditawarkan juga cukup layak dan nyaman. Karena, semua bus milik Trans Lampung berfasilitas AC dan mengedepankan kebersihan dan harga yang terjangkau.

“Kita akan ujicoba minimal dua bus yang disesuaikan dengan jadwal penerbangan di Bandara Raden Intan II. Tarif yang di tawarkan dari Kalianda ke Bandara Raden Intan II Rp35.000, Kalianda ke Bandarlampung Rp15.000. Kita lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan umum lainnya,”pungkasnya.

Plt. Kepala Dishub Lamsel Henry Dunan menambahkan, rute tersebut akan dibuka pada 2017 mendatang. Sejauh ini pihaknya terus melakukan persiapan-persiapan agar rute tersebut bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini akan menjadi moda transportasi yang sangat layak dan murah untuk masyarakat. Selain itu bisa mendukung sektor wisata kita,” ungkap Henry kepada Radar Lamsel di Desa Palas Aji, Kecamatan Palas kemarin. (idh)