Sah! Boy Ariesta Ketuai Karang Taruna Penengahan

170
Randi Pratama - Ketua Karang Taruna Kabupaten Lampung Selatan, Erdiyansyah, S.H.,M.M memberi selamat kepada Boy Ariesta, setelah terpilih aklamasi sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Penengahan.

PENENGAHAN – Boy Ariesta terpilih secara aklamasi setelah menjadi calon tunggal Ketua Karang Taruna Kecamatan Penengahan periode 2020-2025. Hasil ini di luar prediksi karena sebelumnya Boy Ariesta bakal bertarung dengan Aulia Anisa, dan Ujang Abdul Aziz dalam ajang pemilihan organisasi kepemudaan itu.

Proses pemilihan Ketua Karang Taruna Kecamatan Penengahan yang berlangsung di aula kantor Camat Penengahan, Rabu (22/1/2020) ini dianggap sah. Sebab, pemilih telah melebihi 50 suara dari seluruh desa yang ada. Sedangkan pada pemilihan kali ini perwakilan pemilih ada 19 orang dari 22 desa.

Setelah resmi menjabat sebagai orang nomor satu dalam organisasi kepemudaan di wilayahnya, pemuda yang akrab siapa Boy ini ingin meningkatkan partisipasi pemuda dalam keorganisasian. Dan mengeluarkan kreativitas pemuda menjadi lebih baik lagi.

“Itu misi yang saya usung. dan misi yang saya inginkan pemuda ini berperan aktif dalam kegiatan jiwa sosial. Mewujudkan persatuan kepemudaan. Mengangkat nilai seni budaya. Bakat, potensi seni budaya, dan olahraga,” katanya.

BACA :  Inovasi Stater Agens Hayati Buatan Petani

Wakil Ketua Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lampung Selatan, Randy Fatra, berharap pengurus Karang Taruna Kecamatan Penengahan yang baru bisa menjalankan organisasi dengan baik. Jika ketua sudah dipilih, maka anggotanya diminta berisikan pemuda dari desa-desa.

“Pemuda-pemuda desa harus dirangkul. Diambil dari ujung, tengah, dan ke ujung lagi. Buat struktur yang utuh,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Randy meminta Karang Taruna belajar dari pengalaman. Jangan sampai ada persoalan klasik yang dialami Karang Taruna di desa. Menurut Randy, persoalan yang dimaksud adalah Karang Taruna di kecamatan tidak memiliki anggaran. Namun problem itu bisa diatasi dengan cara meminta anggaran dari pemerintah desa.

“Bersinergi dengan kepala desa itu umumnya. Persoalan ini seperti dinamika, kadang organisasi ini digunakan pada 17 Agustus. Atau ada momentum pilkades. Tapi sekarang, kita harus mendekat,” katanya.

BACA :  200 Tong Sampah Disebar Pemerintah Desa Gayam

Ketua Karang Taruna Kabupaten Lampung Selatan, Erdiyansyah, S.H.,M.M berpesan kepada pengurus baru Karang Taruna Kecamatan Penengahan. Tugas utama Karang Taruna adalah tugas sosial. Kemudian olahraga dan budaya.

“Misalnya ada peristiwa alam yang menyebabkan kerusakan seperti tsunami tahun 2018 lalu. Dalam konteks ini, Karang Taruna wajib membantu,” katanya.

Camat Penengahan ini mengatakan Karang Taruna harus bermitra dengan kepala desa. Sebab, kepala desa merupakan bapak dari Karang Taruna yang notabennya merupakan organisasi kepemudaan.

“Kita harus proaktif. Misalnya karang taruna desa, ya koordinasinya dengan desa. Begitu pula dengan kecamatan. Langkah-langkah itu diperlukan agar pemerintah bisa mengeksplor berbagai bidang dan sektor yang memiliki potensi,” katanya. (rnd)