Sambut Bulan Maharam dengan Beragam Perlombaan

50
David Zulkarnain - Salah satu peserta lomba sedang mengumandangkan adzan dalam kegiatan Gebyar Muharam yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Universitas Lampung di Desa Bumi Asih, Kecamatan Palas, Sabtu (8/8).

PALAS – Kedatangan bulan Muharam disambut dengan beragam perlombaan keagamaan oleh Pemerintah Desa Bumi Asih, Kecamatan Palas.

Kegiatan bertajuk ‘Gebyar Muharam Menyongsong Era New Normal’ yang digagas bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  dan karang taruna pada hari Sabtu (8/8) itu menyuguhkan tiga perlombaan yaitu, lomba adzan, sambung ayat, dan tartil Alquran.

Koordinator KKN Desa Bumi Asih Rofi Rian mengatakan, kagiatan Gebyar Muharam ini sebagai upaya untuk merajut Ukhwah Islamiah kepada pelajar sekolah dasar pada masa new normal Covid-19.

“Kegiatan ini kami gelar untuk merekatkan ukhwah islamiyah antar sesama umat islam, terutama pelajar. Meningkatkan tali persaudaraan sesama umat muslim,” Ujar Rofi memberikan keterangan kepada Radar Lamsel dalam kegiatan yang digelar di Masjid Jami Nurul Huda Desa Bumi Asih, Sabtu pagi kemarin.

BACA :  Pasal Sampah, Pengurus Pasar jadi Cibiran

Rofi menjelaskan,  dalam meyambut Bulan Muharam ini setidaknya ada tiga macam perloombaan yang disiguhkan. Diantaranya, lomba adzan, sambung ayat, dan tartil Quran yang diikuti 50 pelajar sekolah dasar.

Meski masih dalam pandemi Covid-19. Namun, mahasiswa Fakultas Ekonomi ini mengungkapkan,  kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Ada tiga perlombaan yang kita suguhkan. Meski melibatkan masyarakat banyak, kegiatan ini kita laksanakan dengan dengan mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

BACA :  UMKM di Palas Terima Bantuan Stimulus

Sementara itu Kepala Desa Bumi Asih Poniran memberikan apresiasi atas kegiatan yang digagas oleh mahasiswa dan karang taruna itu. Menurutnya, kegiatan ini tak hanya bisa mengajarkan tali persaudaraan kepada anak-anak. Namun juga dapat meningkatkan keimanan dan minat bakat pelajar di bidang keagamaan.

“Harapan kita kegiatan ini menjadi tali perekat persaudaraan serta dan memacu minat dan bakat pelajar sekolah dasar namun tidak melupakan protokol kesehatan Covid -19,” harapnya. (vid)