Sambut Idul Fitri, Petani Bawang Mulai Penanaman

553
Nyoman Subagio – Camat Ketapang Darsito, SP meninjau dan berdialog langsung dengan petani bawang merah di Desa Sumur belum lama ini.

PENENGAHAN – Sejumlah petani bawang di Kecamatan Penengahan mulai melakukan penanaman. Langkah ini diambil sebagai ancang-ancang untuk menyambut hari raya Idul Fitri yang jatuh pada Juni mendatang.

Meski musim tanam kali ini bertepatan dengan musim hujan, para petani bawang ini tak mengendorkan langkah. Pasalnya mereka memprediksi curah hujan akhir April sampai Mei mendatang dengan intensitas yang rendah.

“Jika melihat prediksi ditahun sebelumnya, dua bulan mendatang curah hujannya bakal rendah. Karenanya kami sudah mulai menanam untuk menyambut Idul Fitri nanti,” kata salah seorang petani bawang Desa Kelau, Udin (38) kepada Radar Lamsel, Senin (23/4) kemarin.

BACA :  Awas Pancaroba!

Demi menjaga kualitas bawang disaat musim hujan, petani di wilayah ini sudah menyiapkan beragam cara untuk menangkalnya. Yaitu mengurangi penggunaan pupuk berbahan kimia. “Cara khususnya masih seperti terdahulu, peningkatan bahan-bahan organik,” lanjutnya.

Petani bawang lainnya, Syarif (42) mengatakan cara tersebut terbukti ampuh. Ini dilihat dari hasil panen bawang dimusim sebelumnya yang dianggap mencapai hasil memuaskan.

BACA :  Perekonomian Terpukul!

“Seperti musim tanam sebelumnya, kami menerapkan sistem yang sama ketika proses penanaman. Oleh karena itu kami yakin jika msim panen mendatang akan memiliki hasil yang sama pula,” katanya.

Dia melanjutkan, percepatan musim tanam kali ini dilakukan untuk menghindari kenaikan harga yang sering terjadi ketika menjelang Idul Fitri. “Sebagai bentuk antisipasi (menangkal kenaikan harga’red). Karena kami juga akan ikut andil ketika OPM (operasi Pasar Murah) saat bulan Ramadhan yang diadakan oleh Pemkab Lamsel,” pungkasnya. (rnd)