Sambut Musim Tanam, Cek Kandungan NPK dan PH Tanah

608

KALIANDA – Aparatur Desa Palembapang bersama petugas PT. Pusri Palembang mengunjungi lahan tanaman milik kelompok tani (poktan) di desa setempat. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat kandungan pupuk NPK (nitrogen, posfor, dan kalium) serta mengecek tingkat PH atau keasaman tanah di lahan itu.

Dalam kunjungan itu, dua pihak ini mengecek kandungan NPK dan PH tanah di lahan milik empat poktan yang memiliki luas 31 hektar yang tersebar di dusun 7 dan dusun 8, Desa Palembapang.

Asisten lapangan PT. Pusri Palembang Suhendrik mengatakan, bahwa tujuan pengecekan kandungan dilakukan untuk mengetahui keberadaan nitrogen demi kelangsungan pertumbuhan, perkembangan tanaman yang dibutuhkan dalam jumlah banyak.

BACA :  52 Persen Poktan Sudah Susun e-RDKK

Kemudian, lanjut dia, pengecekan kandungan posfor di dalam tanaman bertujuan untuk mengetahui proses fotosintesis, respirasi, transfer, penyimpanan energi, pembelahan dan pembesaran sel serta proses-proses di dalam tanaman.

“Kalium juga sangat vital dalam proses fotosintesis. Apabila kekurangan K, proses fotosintesis akan turun, akan tetapi respirasi tanaman akan meningkat,” katanya kepada Radar Lamsel, Rabu (14/11) kemarin.

Doni menjelaskan, pengecekan kandungan NPK dan PH tanah bermaksud memberi pengetahuan kepada petani agar dapat mengetahui jumlah dosis pemupukan. “Supaya petani tahu, apakah penggunaan pupuknya sudah sesuai atau belum,” ucapnya.

BACA :  Isi Kepala Tiga Cabup Didebat

Kepala Desa Palembapang, Hendryadi, S.H.,M.M mengatakan pada kunjungan yang dilakukan bersama pihak PT. Pusri Palembang itu, mereka mengecek empat titik lahan pertanian milik poktan desa setempat.

“Di area pesawahan negara batin, sawah samoja, sawah kabu, dan sawah ilahan. Ada empat kelompok yang menggarap lahan seluas 31 hektar ini,” katanya.

Pria yang akrab disapa Hendry ini, pengecekan kandungan NPK dan tingkat keasaman tanah ini diperlukan karena bisa menjadi referensi bagi petani yang akan memulai musim tanam. (rnd)