SAR Mapasanda Siap Dilibatkan Kegiatan Sosial

573

KALIANDA – Mahasiswa Pecinta Alam Semesta Kalianda (Mapasanda) STIE Muhammadiyah yang tergabung dalam kepengurusan search and rescue (SAR) Mapala Muhammadiyah Indonesia di tingkat daerah menyatakan kesiapannya untuk membantu pemerintah dalam berbagai kegiatan kemanusian.
Itu dilakukan sebagai wujud peran aktif mahasiswa dalam ikut serta membantu program pemerintah daerah. Hal tersebut ditegaskan
Pengarah SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia Zulfahmi Sengaji, SE, MM saat ditemui Radar Lamsel di STIE Kalianda, Sabtu (8/10) pekan lalu.
Menurut Zulfahmi, SAR Mapasanda dibentuk memang diperuntukkan membantu masyarakat yang sedang mengalami kesusuhan. Baik saat terjadi bencana, maupun pasca terjadinya bencana alam atau musibah lain.
“Apabila pemerintah daerah bersedia melibatkan kami, tentu saja kami siap membantu. Karena, SAR Mapasanda dibentuk memang untuk hal itu. Karena, anggota kami juga telah dibekali berbagai pelatihan dari SAR Muhammadiyah pusat,”ujar Zulfahmi.
Anggota SAR Mapasanda juga aktif memantau kondisi pantai dan pegunungan yang sering dikunjungi masyarakat di wilayah Lamsel. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dibentuknya keanggotaan SAR Muhammadiyah.
“Kita harus selalu siap membantu masyarakat yang mengalami musibah, khususnya di pantai dan di gunung. Karena, memang wilayah Lamsel ini banyak pantai wisata dan juga gunung Rajabasa yang sering menjadi tempat kemping para pecinta alam,”imbuhya.
Langkah yang telah dilakukan selama ini, lanjutnya, telah melakukan koordinasi dengan KPHL Lamsel dalam hal ikut menjaga keamanan Gunung Rajabasa. “Kami juga telah menyiagakan anggota SAR disetiap hari libur khususnya di pantai-pantai yang ramai dikunjungi wisatawan,”tutupnya.
Sementara itu, Ketua Mapasanda Andi mengaku siap untuk melaksanakan tugas dan dilibatkan dalam kegiatan kemanusiaan dari Pemkab Lamsel. Sebab, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan sosial yang semestinya dilakukan oleh sesama manusia.
“Apalagi, kita mahasiswa Muhammadiyah yang memang dituntut untuk membantu sesama manusia yang mengalami kesusahahn. Mudah-mudahan, niat baik ini akan selalu mendapatkan kemudahan dalam menjalankan tugas,”singkat Andi. (idh)

BACA :  Lapas Kalianda Gelar Sidang Daring