Sarana Pengairan di Lamsel Bakan Ditingkatkan

52
David Zulkarnain – Derektur Perluasan dan Perlindungan Lahan Direktorat PSP Kementerian Pertanian Erwin Nurwibowo ketika melakukan pemantaun saluran saluran pengairan di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Palas, Selasa (11/8).

PALAS – Sektor pertanian Lampung Selatan terus menjadi menjadi sorotan Kementerian Pertanian. Kabupaten yang menjadi salah satu lubung pangan nasional ini terus didorong dengan peningkatan prasarana dan sarana pertanian.

Seperti yang terlihat di wilayah Kecamatan Palas dan Sragi. Dua kecamatan yang memiliki sektor pertanian yang luas ini terus dipantau oleh jajaran Direktorat Kementerian Pertanian selama satu bulan terakhir.

Pada Selasa (11/8) kemarin dua kecamatan itu mendapat kunjungan dari Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan, Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Erwin Nurwibowo.

Dalam kesempatan tersebut Erwin mengatakan, kunjungan ini untuk menantau sarana pengairan penunjang pertanian di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, khusunya di wilayah Kecamatan Palas dan Sragi.

BACA :  Pasal Sampah, Pengurus Pasar jadi Cibiran

“Dalam kunjungan ini, kami melaksanakan pemantauan sarana pengairan di Lampung Selatan, khusunya di Kecamatan Palas dan Sragi yang menjadi salah satu penopang pangan,” kata Erwin memberikan keterangan kepada Radar Lamsel saat memantau jaringan irigasi di Desa Mekar Mulya Kecamatan Palas.

Erwin menjelaskan, dari kunjungan itu tentu saja kedepannya ada program dari pemerintah pusat yang akan digelontorkan di dua wilayah itu. Diantaranya pembangunan dan peningkatan sarana pengairan untuk mendorong sektor pertanian.

“Saat ini baru kita cek lokasi persawahan mana saja yang memerlukan peningkatan atau perbaikan sarana pengairan. Tidak hanya di Palas dan Sragi saja, di kecamatan lain seperti Way Panji dan Candipuro juga kita pantau,” terangnya.

BACA :  UMKM di Palas Terima Bantuan Stimulus

Erwin juga berharap Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Selatan dan Provinsi juga ikut serta memantau sarana pengairan untuk mendorong kemajuan sektor pertanian.

“Walaupun anggarannya dari pusat, namun Dinas Pertanian baik di Kabupaten dan Provinsi juga kita ajak kerjasama dalam program ini, dimana wilayah yang perlu peningkatan sarana pengairan tentunya bisa segera diajukan ke pusat,” ucapnya.

Sementara itu Anggota Komisi II DPRD Lampung Selatan, Taman yang turut mendampingi kunjungan tersebut, juga akan terus berupaya meningkatkan sarana pertanin di Lampung Selatan.

“Sebagai wakil rakyat, saya juga akan terus berupaya mendorong kesejahteraan petani. Harapan kita dengan adanya kujungan ini akan terus ada peningkatan sarana pertanian di Lampung Selatan,” harapnya. (vid)