Sarang Burung Hantu Bantu Kendalikan Hama Tikus

6
ILUSTRASI
GEDONGTATAAN – Pengendalian hama tikus tidak hanya dapat dikendalikan dengan memberikan pestisida atau bom tikus. Namun juga dapat ditekan dengan membangun rumah atau sarang burung hantu sebagai musuh alaminya hama tikus.
Hal itu ditegaskan Kepala  UPTD BPTP H Dinas Ketahanan Pangan,Tanaman Pangan dan Hortikutira Lampung Bagyo Warsito didampingi Sekretaris Dinas Pertanian Pesawaran Budi Wirawan saat Gerakan Pengendalian (Gerdal) di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Negerikaton, Rabu (9/6)
“Begitu ada laporan kita langsung berikan bantuan pestisida dan bom tikus. Gerakan pengendalian tidak boleh hari ini saja tetapi sepekan kedepan terus dilakukan pengendalian. Khawatirnya populasi tikus tidak akan terkendali,”ungkap Bagyo
Menurutnya, bantuan yang diberikan kepada petani bergantung kebutuhan. Dimana pengendalian hama dengan membangun sarang burung hantu dinilai cukuf efektif dalam mengendalikan serangan hama tikus.
“Untuk satu hektar minimal tiga sarang burung hantu. Karena untuk satu burung hantu bisa memakan dua sampai tiga ekor tikus. Nah, kalau bantuan pestisida bergantung kebutuhan kalau petani butuh lagi, kita akan berikan bantuan,” ucapnya.
Dijelaskan, selain di Pesawaran pihak provinsi juga telah melakukan Gerdal hama tikus di Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Timur. Dimana,
areal tanaman jagung di Desa Tanjung Rejo  cukup luas, sehingga Gerdal harus dilakukan secara bergotong-royong.
“Selain di Pesawaran, di Lampung Tengah juga ada serangan hama namun segera kita lakukan Gerdal,” pungkasnya. (esn)
BACA :  RTRW Pesawaran Amanatkan Susun 4 Kawasan Perkotaan