Satgas Covid-19 Monitoring Kepatuhan Prokes

29

CANDIPURO – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang terdiri dari unsur Lintas Sektoral (Linsek) di Kecamatan Candipuro, melakukan monitoring terpadu penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di pasar Desa Beringin Kencana, kecamatan setempat, Senin (28/9).
Plt. Kepala UPT Puskemas Candipuro Achmad Solatan mengatakan, monitoring terpadu terhadap pelaksanaan protokol kesehatan ditengah masyarakat itu, merupakan salah satu bentuk upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dintengah masyarakat, yang dilakukan oleh lintas sektoral diwilayah kerjanya.
“ Monitoring terpadu penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional Desa beringin Kencana dengan melibatkan lintas sektoral ini, dalam rangka pencegahan dini penyebaran Covid-19 di Candipuro,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, usai kegiatan.
Mengingat sambungnya, wilayah kerjanya tersebut, berdasar kajian epidemiologi dari tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan sampai hari ini, masih termasuk kategori zona aman.
Sebab menurutnya, adapun temuan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kecamatan Candipuro itu, bukan berasal dari wilayah satuan kerjanya, melainkan berasal dari luar daerah.
“ Artinya, Candipuro sendiri masih zona aman. Adapun temuan terkonfirmasi Covid-19 di Candipuro, merupakan kasus yang memiliki riwayat paparan berupa kunjungan ke wilayah yang dianggap zona merah. Mereka (warga terkonfirmasi) diketahui baru pulang dari bekerja di luar daerah,” jelasnya.
Achmad Solatan mengatakan, hasil monitoring terpadu di pasar tradisional Desa Beringin Kencana berjalan lancar. Dimana dia menyebut 90 persen baik pengunjung dan pelaku usaha di pasar itu, telah menerapkan protokol kesehatan.
“ Sejauh ini hasil monitoring di pasar Desa Beringin Kencana, 90 persen pengunjung dan para pelaku usaha telah memakai masker,” kata dia.
Rencananya kegiatan monitoring terpadu penerapan pelaksanaan protokol kesehatan di tempat-tempat umum di wilayah itu, secara berkala akan terus berlanjut. Kemudian Ia pun berharap, melalui kegiatan itu, tingkat kedisipilinan masyarakat tentang membiasakan mencuci tangan, jaga jarak dan memakai masker (3M) disetiap melakukan aktivitas di tempat umum semakin meningkat.
“ Kegiatan ini secara berkala akan terus kami laksanakan. Sampai tingkat kedisipilinan dan kepatuhan masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan semakin meningkat,” pungkasnya.
Hadir dalam kegiatan, Camat Candipuro Wasidi, SE, Danramil Candipuro Kap. Infantri Endri Limbong, Kapolsek Candipuro Iptu. Ahmad Hazuan, Plt. Kepala Puskemas Candipuro Achmad Solatan beserta aparatur Desa Beringin Kencana.(CW2)