Satlantas Tekan Angka Kecelakaan

94
Ist. Radar Lamsel – Anggota Satlantas Polres Lamsel memasang replika kendaraan di JTTS.

KALIANDA – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lampung Selatan terus berupaya menekan angka kecelakaan di wilayahnya. Polisi yang menangangi lalulintas ini pun telah membuat langkah-langkah antisipatif. Salah satunya dengan memasang replika kendaraan jenis mobil di jalan arteri, dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

          Ada 4 titik jalan yang jadi prioritas pemasangan replika kendaraan. Titik pertama di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kwlurahan Waylubuk, Kecamatan Kalianda. Selanjutnya di turunan dan tanjakan di Jalinsum Desa Tarahan, Kecamatan Katibung. Sementara 2 titik lainnya di pasang di JTTS kilometer 48 di Sidomulyo, dan kilometer 100 wilayah Branti.

BACA :  ODP Mayoritas Perantau

          Kasatlantas Polres Lamsel, AKP. M . Kasyfi mahardika, S.I.K, menjelaskan pemasangan replika berdasarkan tingginya angka kecelakaan di wilayah tersebut. Penentuan ini setelah analisa panjang yang dilakukan oleh anggota Satlantas.

“Ditujukan untuk menekan angka kecelakaan. Dengan maksud agar pengendara lebih berhati-hati lagi dalam melajukan kendaraan di jalan ketika melihat replika tersebut,” katanya kepada Radar Lamsel, Rabu (7/8) kemarin.

Lulusan Akpol 2009 ini berpendapat, pemasangan replika mobil yang bisa menyala pada malam itu akan membuat pengendara terjaga. Pastinya, kata Kasyfi, pengendara akan mengira jika di titik itu ada polisi yang berjaga.

BACA :  Warga Desa Canggu Tewas Disambar Petir

“Pengendara merasa bahwa di depan ada petugas kepolisian yang sedang patroli. Mau tidak mau, pengendara yang merasa melanggar peraturan akan sedikit melambat,” katanya.

Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, tanjakan dan turunan Tarahan memang rawan kecelakaan lalulintas. Bahkan kerap menimbulkan korban jiwa. Kecelakaan paling banyak didominasi mobil. (rnd)