SDN 1 Triharjo Dinilai Layak Juara UKS

39
Rifky - Siswa SDN 1 Triharjo saat mencuci tangannya menggunakan sabun.

MERBAU MATARAM– Tim survey lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingakat Provinsi akhirnya terjun ke SDN 1 Triharjo guna meninjau perkembangan dan melakukan penilaian pada sekolah tersebut.

Indrawati salah satu penilai dari tim Survey lomba UKS tingkat Provinsi Indarwati mengatakan jika penilaian lomba itu ditinjau dari dua sisi, yakni perkembangan UKS dan perkembangan Sumber Daya Alam (SDA).

“Oleh karenanya kami melihat dari segala segala perkembangan bagi UKS yang ada disekolah-sekolah bahkan SDA yang ada di lingkungan sekolah tersebut,” ucap Indarwati pada sambutannya di SDN 1 Triharjo, Senin (21/10).

Setelah rampung melakukan survey di sekolah tersebut, Indarwati menjelaskan bahwa SDN 1 Triharjo memiliki potensi UKS dan SDA yang cukup baik.

“Untuk sekolah ini sudah bagus UKS dan SDA nya, namun saya himbau kepada kepala sekolah untuk memanfaatkan lahan depan yang kosong, tidak luas memang namun jika dimanfaatkan akan lebih baik,” jelas Indarwati.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Triharjo Subariyah mengatakan bahwa kegiatan UKS di sekolah tersebut memiliki tiga program yang dibimbing langsung oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas yang ada di Merbau Mataram.

“Tiga programnya, pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah, jadi kegiatan UKS itu dibimbing langsung oleh orang puskes Merbau, dijelaskan cara merawat temannya jika ada yang sakit, diberirikan arahan menjaga kesehatan, dan masih banyak lagi,” pungkas Subariyah.

Sedangkan Camat Merbau Mataram Heri Purno mengharapkan nilai terbaik guna dapat maju ke jenjang yang lebih tinggi atau tingkat nasional. “Harapan kita ya sekolah kami ini bisa menjadi yang terbaik biar bisa maju ke lomba UKS tingkat Nasional,” tutur Heri. (CW1)

BAGIKAN