SDN 2 Kalianda Bangkitkan Tradisi yang Pernah Ada

540

Gelar Perpisahan Murid Kelas VI di Sekolah

KALIANDA – SDN 2 Kalianda menggelar pelepasan murid kelas VI tahun ajaran 2017-2018, Sabtu (12/5). Acara perpisahan yang digelar secara sederhana dan meriah itu berlangsung dilapangan sekolah setempat.

Hadir dalam acara itu ketua dan pengurus komite sekolah, para orang tua dan wali murid, serta tamu undangan lainnya. Menurut Ketua Komite SDN 2 Kalianda Drs. Komarudin, acara perpisahan yang digelar SDN 2 Kalianda secara sederhana ini diharapkan bisa menjadi contoh dan patut ditiru oleh sekolah dasar lainnya.

“Acara perpisahan yang digelar di sekolah secara sederhana ini merupakan upaya untuk membangkitkan kembali tradisi atau kebiasaan lama yang pernah terjadi di sekolah pada era 90-an. Dan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi sekolah dasar lainnya. Sebab, perpisahan sekolah tidak harus dilaksanakan dengan cara jalan-jalan atau menggelar di gedung mewah, melainkan bisa dilaksanakan di sekolah dengan menampilkan berbagai atraksi kesenian siswa, dan yang lebih penting jangan sampai memberatkan orang tua siswa terkait dana perpisahan,” ujar Komaruddin kepada Radar Lamsel disela-sela acara perpisahan siswa kelas VI di SDN 2 Kalianda.

BACA :  Tetapkan Nomor Urut, Petahana Dapat Nomor 1

Sementara itu, Kepala SDN 2 Kalianda Rodiyah, S. Pd dalam sambutanya menyampaikan, pihak sekolah mengucapan terima kasih kepada orang tua murid yang telah memberikan kepercayaan kepada pihak sekolah untuk mendidik dan membina anak-anak nya selama 6 tahun di SDN 2 Kalianda.

“Selaku pihak sekolah, kami semua tenaga pendidik di sekolah ini (SDN 2 Kalianda, red) mengucapkan terima kasih sekaligus memohon maaf kepada orang tua murid jika selama enam tahun mendidik anak-anak pernah ada perkataan atau tindakan yang sempat membuat sakit hati para orang tua,” ucap Rodiah.

BACA :  Empat dari Enam Kasus Baru Hasil Kontak Tracing

Menurutnya, semua itu dilakukan untuk kebaikan anak-anak, agar mereka bisa menjadi anak yang baik dan cerdas demi meraih masa depan yang cerah. “Pada hari perpisahan ini kami segenap guru dengan berat hati melepas anak-anak didik yang telah kami didik penuh suka-duka, penuh liku dan penuh harapan,” ungkapnya.

Rohaida pun berharap, pada 10 tahun akan datang, murid-murid SDN 2 Kalianda yang tahun ini berpisah, sudah menjadi anak yang sukses dalam pendidikan. “Dan 20 tahun kedepan mereka sudah bisa meraih prestasi dan karier yang baik,” pungkasnya.

Pantauan Radar Lamsel, acara perpisahan murid kelas VI di sekolah tersebut dimeriahkan dengan berbagai macam atraksi kesenian berupa lagu dan tari yang ditampilkan murid-murid SDN 2 Kalianda. (iwn)