Sebab Tambak, Jalan Rusak

60
Randi Pratama - Beginilah kondisi jalan poros kabupaten di desa Canti, kecamatan Rajabasa, yang amblas. Foto dibidik Selasa (4/8/2020).

RAJABASA – Jalan poros provinsi di Desa Canti, Kecamatan Rajabasa, mengalami kerusakan. Pantauan Radar Lamsel, Selasa (4/8/2020), jalan tersebut nyaris amblas. Titik kerusakannya tepat di tengah badan jalan. Warga berinisiatif menutup jalan amblas tersebut dengan daun kelapa agar tak dilintasi pengendara.

Informasinya, jalan poros di Desa Canti ini memang sering rusak. Bahkan ada beberapa permukaan badan jalan tidak rata. Hal ini disebabkan oleh air dari drainase tambak sekitar jalan yang mengalir ke tanah. Kondisi ini menjadikan tekstur tanah melemah sehingga membuat aspal mudah amblas ketika dilintasi kendaraan berat.

“Betul, di bawahnya udah enggak kuat karena aliran dari drainase tambak udang,” kata Rusli, Aparatur Desa Canti, saat dihubungi Radar Lamsel.

Warga setempat meminta aparatur desa bersikap tegas jika jalan itu rusak akibat aliran drainase dari tambak. Mai (32), mengatakan aparatur desa sebaiknya memberikan peringatan kepada pemilik atau pengusaha tambak. Kalau dibiarkan saja, maka akan menyebabkan kerusakan lain di jalan poros tersebut.

“Itu tambak udang siapa, silakan dicari tahu. Sesudah itu, aparatur desanya menyurati mereka. Harus tegas,” katanya.

Putra (32), warga lainnya, meminta pemerintah desa tegas kepada pihak-pihak yang berinvestasi di desa Canti. Apalagi kalau investasi tersebut malah merugikan khalayak. Jika benar kerusakan jalan itu disebabkannya aliran air tambak, Putra meminta pemilik tambak bertanggungjawab dan tidak menyepelekan persoalan.

“Paling baru beberapa bulan jalan ini bagus, masa mau rusak lagi. Nah, ini saja sudah kelihatan (rusak). Jangan sampai jadi parah,” katanya. (rnd)