Sediakan Empat Kantong Darah untuk Ibu Hamil

298

PALAS – Untuk menekan resiko kematian melahirkan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Bumidaya Kecamatan Palas akan menyediakan empat kantong darah untuk ibu hamil.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Bumidaya Kecamatan Palas Herman pada saat menggelar Loka Karya Mini Lintas Sektor, Jumat (30/11).

Herman menjelaskan, penyedian minimal empat kantong darah untuk satu orang ibu hamil ini untuk menekan resiko kematian ibu pada saat malahirkan.

“Penyediaan darah untuk ibu hamil sudah ada MOU (Momerendum of Understanding) antara Puskesmas, Unit Transfusi Darah Lamsel, Rumah Sakit Bob Bazar, dan Dinas Kesehatan dengan tujuan untuk menekan angka kematian melahirkan,” kata Herman kepada Radar Lamsel.

Herman menjelaskan, program ini salah satu bentuk proaktif Puskesmas dalam menyuplai ketersidaan darah yang ada di Unit Tranfusi Darah. “Ini adalah komitmen bersama. Karena selami ini Unit Tranfusi Darah kekurangan ketersediaan darah.  Jadi Puskesmas diajak proaktif dalam menyuplai ketersediaan darah. Dan yang menjadi sasaran utamanya yaitu ibu hamil yang memiliki resko tinggi melahirkan,” sambungnya.

Lebih lanjut Herman menerangkan, program ini akan diawali dengan pemetaan pendonor  yang ada di desa pada Januari mendatang. Disetiap desa, kata dia, minimal akan tersedia sebanyak pendonor aktif sebanyak 30 orang.

“Program penyediaan darah untuk ibu hamil ini awalnya nanti akan diambil stok darah dari pendonor aktif yang ada di desa. Jadi ketika ada ibu hamil yang memiliki resiko tinggi melahirkan tidak perlu lagi kesulitan mencari pendonor darah,” tutupnya. (vid)