Segera Operasikan Puskesmas Kaliasin

349
Kemas Yogi – Inilah Puskesmas rawat jalan yang dibangun di Desa Kaliasin, Kecamatan Tanjungbintang yang selesai dibangun tahun 2018 lalu.

TANJUNG BINTANG – Puskesmas Kaliasin, Kecamatan Tanjung Bintang hingga saat ini belum beroperasi. Hal itu disebabkan belum adanya sarana dan prasarana serta tenaga medis yang ditugaskan di Puskesmas yang baru selesai dibangun tahun 2018 lalu.

Plt. Camat Tanjung Bintang Hendry, S.Ag berharap, Puskesmas rawat jalan di yang dibangun di Desa Kali Asin bisa segera beroperasi. Sebab, katanya, kebutuhan akan fasilitas kesehatan sangatlah tinggi. “Harapan kami memang segara dioperasikan, karena Puskesmas Tanjung Bintang sudah kewalahan menangani pasien karena tempat dan SDM-nya terbatas,” katanya kepada Radar Lamsel, Rabu (30/1).

BACA :  Perangi Corona Harus PHBS

Menurutnya,  masyarakat sudah menunggu pengoperasian Puskesmas baru yang dibangun di Desa Kali Asin tersebut. “Mudah-mudahan bisa segera dioperasikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rawat Inap (PRI) Tanjung Bintang Darmawan mengatakan, tingginya kebutuhan akan fasilitas kesehatan di Kecamatan Tanjung Bintang membuat pihaknya terpaksa merujuk pasien karena kekurangan tempat tidur dan ruangan. “Puskesmas Kali Asin saya yakin akan menjadi solusi kepadatan pelayanan kesehatan di Kecamatan Tanjung Bintang,” tuturnya.

Ia menyebut masyarakat sudah sadar akan penggunaan fasilitas kesehatan milik pemerintah sehingga lebih memilih Puskesmas ketimbang klinik rawat inap yang ada di Kecamatan Tanjung Bintang. “Kesadaran masyarakat dalam menggunakan fasilitas kesehatan milik pemerintah juga tinggi, jadi sering kepenuhan pasien kami,” katanya.

BACA :  Libatkan Karang Taruna Semprot Disinfektan

Harusnya, tambah dia, PRI Tanjung Bintang memiliki 20 hingga 25 tempat tidur pasien tetapi saat ini baru ada 12 tempat tidur. “Kadangan tidurnya pasien sampai depan pintu resepsionis,” ujarnya.

Ditanya persoalan Puskesmas Kali Asin, Darmawan menegaskan pihaknya sudah menyiapkan pengoperasian puskesmas tersebut. “Sekarang sudah disiapkan semua, dalam waktu dekat mudah-mudahan bisa segera beroperasi,” terangnya. (CW1)