Sejumlah Unsur Terlibat Normalisasi Sungai

8
Rifky - Sejumlah warga dibantu Anggota Koramil dan FKPPI Tanjung Bintang saat menormalisasi sungai secara tradisional, Selasa (14/1).

TANJUNG BINTANG– Untuk mengantisipasi luapan air dari sungai Lematang, sejumlah unsur mulai dari Komando Rayon Militer (Koramil) Tanjung Bintang, Forum Komunikasi Putera Puteri TNI-POLRI (FKKPI) Tanjung Bintang menormalisasi  sungai tersebut secara tradisional.

Tidak hanya itu, beberapa perusaan besar yang berada di desa itu diantaranya PT. JAPFA Comfeed, PT. BMI dan PT. Indofood berserta masyarakat juga turut membantu proses normalisasi sungai.

Kepala Desa (Kades) Lematang Fikriyadi mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada tanda-tanda luapan air dari sungai itu. Dirinya menjelaskan, normalisasi sungai itu berlangsung di Dusun II.

BACA :  Virus Hewan Ternak jadi Bahasan Rakorcam

“Kalau banjir hingga saat ini belum pernah terjadi. Dengan adanya normalisasi ini dengan cara dibersihkan dan dibuatkan tanggul ya mudah-mudahan banjir dapat dicegah,” jelasnya.

Sebagai salahsatu Desa yang rawan banjir di Kecamatan Tanjung Bintang selain Desa Sukanegara, normalisasi sungai itu merupakan salahsatu upaya untuk mencegah datangnya banjir seperti yang biasa terjadi disaat musim hujan.

“Memang belum pasti dengan sungai yang sudah kita bersihkan dan kita beri tanggul ini bisa menanggulangi banjir, tetapi setidaknya kita sudah berusaha mencegahnya, masalahnya di Desa kita ini memang rawan banjir,” ujarnya.

BACA :  Soal CSR, Desa Ingatkan Perusahaan

Tidak luput dari itu, Pemerintah Desa tersebut mengucapkan terimakasih kepada Koramil, FKKPI, perusahaan serta masyarakat yang turut andil melakukan normalisasi sungai di Desa tersebut. Fikriyadi juga berharap dengan adanya normalisasi itu Desa tersebut dapat terbebas dari banjir.

“Tentunya kami ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh anggota Koramil Tanjung Bintang, FKKPI dan perusahaan yang berada di Desa kami karena telah bersimpati terutama pada masyarakat Desa Lematang,” singkatnya.(CW1)

BAGIKAN