Sekarang, Beli Tiket Kapal via Vending Machine

352
Randi Pratama – Penumpang pejalan kaki sedang melakukan transaksi pembelian tiket melalui vending machine atau mesin jual otomatis di loket pelabuhan Bakauheni, Selasa (5/11/2019).

Cara Baru PT. ASDP Layani Penumpang

BAKAUHENI – PT. ASDP Cabang Bakauheni telah membuka layanan pembelian tiket mandiri oleh penumpang. Perusahaan plat merah ini meluncurkan vending machine atau mesin jual otomatis. Alat khusus untuk penumpang pejalan kaki. Terobosan ini dilakukan pihak PT. ASDP untuk meningkatkan pelayanan pengguna jasa di pelabuhan Bakauheni.

          Pantauan Radar Lamsel di loket tiket, Selasa (5/11/2019), penumpang tak dilayani oleh petugas. Pasalnya, pembelian tiket wajib melalui vending machine. Semua petugas yang sebelumnya berada di loket dialihkan untuk mengajarkan pengguna jasa dalam transaksi lewat vending machine.

  1. ASDP menyiapkan sebanyak 10 vending machine di dermaga reguler, dan 5 vending machine di dermaga eksekutif. Penumpang yang hendak membeli tiket melalui mesin ini wajib menggunakan e-money atau uang elektronik. Saat ini, PT. ASDP telah bekerjasama dengan 4 bank untuk penyediaan e-money. Yaitu Bank BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.

          Humas PT. ASDP Cabang Bakauheni, Syaifullail Maslul, mengatakan pembelian tiket mandiri melalui vending machine merupakan bentuk komitmen dalam memberikan standar pelayanan prima bagi pengguna jasa.

Melalui mesin itu, lanjut Syaiful, pengguna jasa diberi pemahaman untuk mempermudah pemesanan tiket. Artinya, pembelian tiket melalui vending machine tidak bisa menggunakan ATM amupun uang tunai.

“Agar ke depannya mereka mandiri dalam melakukan transaksi pembelian tiket tanpa harus datang ke loket,” kata Syaiful kepada Radar Lamsel.

Dengan adanya vending mechine ini, lanjut Syaiful, diharapkan tidak terjadi lagi penumpukkan di loket penumpang. Karena, kata dia, PT. ASDP telah menyediakan pilihan bagi penumpang untuk melakukan transaksi secara mandiri atau konvensional.

“Program ini juga menjawab tantangan PT. ASDP untuk kesiapan menghadapi angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” ujarnya.

Lebih jauh Syaiful menerangkan, pada prinsipnya dalam memberikan pelayanan, PT. ASDP lebih mengedepankan kenyamanan, kelancaran dan keamanan bagi pengguna jasa penyeberangan di pelabuhan paling sibuk se-Sumatera itu. Syaiful menegaskan jika kepuasan pelanggan adalah hal utama bagi PT. ASDP.

“Untuk online tetap kita layani melalui website ASDP. Artinya pengguna jasa sekarang memiliki opsi untuk membeli tiket. Hal itu tergantung volumen penumpang yang ada pada saat itu,” katanya. (rnd)