Sepakat, Tiadakan Portal

38
Randi Pratama – Inilah salah satu portal yang terpasang di pintu masuk pasar Inpres Kalianda, foto dibidik Selasa (20/10/2020).

KALIANDA – Ketua Pelaksana Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan, Drs. H. M. Darmawan, M.M. angkat bicara mengenai penjagaan portal di pasar Inpres Kalianda. Pria yang juga menjabat sebagai Kepala BPBD Kabupaten Lampung Selatan ini menegaskan tidak ada penjagaan di portal tersebut.

Darmawan mengaku sebelumnya ada rencana penjagaan di empat titik portal di pasar tradisional itu. Namun semua itu urung dilakukan karena Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Kodim 0421/LS, dan Polres Lamsel sepakat untuk memberikan edukasi secara humanis kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan.

“Paling dari kita yang ke sana, menyampaikan kepada masyarakat atau pengunjung supaya mematuhi aturan,” katanya kepada Radar Lamsel, Rabu (21/10/2020).

BACA :  Pasokan Gas Elpiji Ditambah 16 Persen

Sebelumnya dikabarkan bahwa portal-portal itu akan dijaga saat penerapan new normal. Tapi kabupaten Lampung Selatan disebut tidak bisa menerapkan kebijakan dari pemerintah pusat itu karena terkendala beberapa hal. Ada pula informasi jika bumi Khagom Mufakat tidak memenuhi syarat untuk menerapkannya.

Radar Lamsel mengonfirmasi Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Lampung Selatan, Heri Bastian, S.Sos untuk menanyakan sistem penjagaan di pasar Kalianda itu. Menurut Heri, semula penjagaan petugas di portal tempat jalur masuk pasar diberlakukan apabila kabupaten Lampung Selatan menerapkan new normal.

Heri melanjutkan, andai kata harus dijaga tanpa penerapan new normal, Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten Lampung Selatan siap melaksanakannya. Sebelum langkah itu dilakukan, Heri mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan pimpinan di pemerintah, dan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan.

BACA :  Kolaborasi Diskes - ACT di Era Pandemi

“Kalau memang harus dan diminta, kita siap. Tapi nanti kita sampaikan dulu dengan Pak Pj. (Sulpakar), dan tim Gugus juga,” katanya.

Dalam penjagaannya juga, lanjut Heri, Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten Lampung Selatan tidak akan sendiri. Mereka akan didampingi tim gabungan dari TNI, dan Polri. Sebab, ketiga instansi itu selama ini selalu bergandengan dalam melaksanakan operasi. Contohnya operasi yustisi, patroli berskala besar, dan operasi cipta kondisi. (rnd)