Serangan DBD Capai 149 Kasus Dalam Satu Bulan

290
Foto Ilustrasi Berita
GEDONGTATAAN –  Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran mencatat angka penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) hingga hari ini mencapai 149 kasus.
 
Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Aila Karyus mengatakan angka tersebut  (149) mengalami peningkatan jika dibanding kasus DBD pada 2018 lalu. Pasalnya, pada 2018 lalu total kasus DBD mencapai 232 kasus dalam setahun, sedangkan pada Januari ini saja angka kasus DBD mencapai 149 kasus.
 
“Sebenarnya tujuan utama penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) itu untuk aksi. Aksi kita didaerah yang ada kasus seperti di Purworejo yang angka kasusnya cukup banyak itu sudah KLB,” ungkap Aila  mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran, Harun Tri Djoko pada Rabu (30/1).
 
Dikatakan, beberapa aksi yang telah dilaksanakan pihaknya melalui jajaran di seluruh UPT Puskesmas se-pesawaran termasuk di Desa Purworejo seperti melaksanakan fogging, penyuluhan, pemberian bubuk abate dan penelitiann epidemiologi merupakan gerakan KLB.
 
“Termasuk surat edaran dari pemerintah daerah hingga satuan perangkat tingkat bawah itu merupakan respon KLB semua,” ucapnya.
 
Jika melihat lanjut Aila skop kabupaten, memang angka149 belum signifikan atau belum mencapai dua kalilipatnya. Tetapi jika di Purworejo memang bisa dikatagorikan KLB. Mengingat catatan kasus di Puskesmas Kalirejo mencapai 54 kasus.
 
“Dalam dua hari (28-29/1) tercatat penambahan 6 kasus DBD di Purworejo. Memang paling banyak di sana dan untuk penanggulangan sudah berjalan,” ujarnya.
 
Sehingga masyarakat diimbau untuk meningkatkan gerakan 3M plus dan menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dikarenakan memasuki musim penghujan, sehingga gerakan 3 M plus sangat efektif dalam memberantas perkembangbiakan jentik nyamuk aedes aegypti.
 
“Seluruh puskesmas sudah ķita intruksikan, dan pemda sudah menyurati seluruh camat dan desa untuk meningkatkan gerakan 3M plus termasuk secara rutin kegiatan jumat bersih,” pungkasnya. (Rus)
BACA :  Satlantas Polres Pesawaran Lakukan Asistensi Kampung Tertib Lalu Lintas
BAGIKAN