Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 Capai Rp 23 Miliar

79
ILUSTRASI

GEDONGTATAAN – Serapan anggaran Penanganan pandemi covid-19 dari alokasi refokusing APBD Kabupaten Pesawaran TA 2020 sebesar Rp 23 miliar sudah terserap sebesar Rp 18,5 miliar.

“Untuk sisa anggaran yang tersedia tetap dilanjutkan untuk penanganan covid-19 ini. Karena kita belum mengetahui kapan virus Corona ini berakhir,” ungkap Sekretaris Badan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKAD) Iswanto mewakili Kepala BPKAD, Yosa Rizal, Kamis (2/7).

Ditanya apakah selain untuk melanjutkan penanganan pandemi covid-19, apakah sisa anggaran yang tersedia juga akan dipindahkan sebagian untuk pelaksanaan pilkada? Mengingat KPUD Pesawaran mengajukan anggaran tambahan ke pemerintah daerah. Diakui Iswanto, untuk anggaran tambahan pelaksanaan pilkada yang dialokasikan dari APBD untuk KPU selaku penyelenggara pemilu sudah dialokasi dari pos yang lain.

“Kalau usulan kebutuhan tambahan anggaran yang diajukan KPU sekitar empat miliar lebih. Kita upayakan diakomodir sekitar dua miliar. Dan itu kita ambilkan dari pos yang lain dari hasil efisiensi anggaran yang ada,” jelasnya.

Menurutnya anggaran penanganan covid-19 tidak mengalami perubahan. Mengingat kesehatan masyarakat pesawaran menjadi prioritas pemerintah daerah setempat. Namun tentunya, pelaksanaan Pilkada merupakan hajat bersama, sehingga pemerintah pesawaran berupaya semaksimal mungkin mencari alokasi anggaran tambahan untuk KPU.

“Kalau Bawaslu tidak ada tambahan, untuk kegiatan pengamanan Pilkada saat ini lagi dibahas di tingkat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” pungkasnya. (esn)

BACA :  Masyarakat Pulau Pahawang Lepas Dari Kegelapan