Seribu Tuping Terlibat di Festival Kalianda

280
Kabid Kebudayaan Disparbud Lamsel, Ponimin, SE

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat, akan menampilkan 1.000 macam jenis topeng, salah satunya adalah tuping khuwabelas (dua belas wajah, red) milik adat Lampung Selatan pada gelaran Pawai Adat dan Budaya Nusantara  diacara puncak Festival Kalianda 2019 yang akan dihelat di Lapangan Cipta Karya, Kalianda pada Rabu (10/7) mendatang.

          Kepala Bidang Kebudayaan Ponimin, SE, mewakili Plt. Kepala Disparbud Lamsel Ir. Rini Ariasih, MM menjelaskan, pawai adat dan budaya nusantara merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka memeriahkan event Festival Kalianda.

BACA :  Galang Koin untuk Muktamar NU ke-34

          “Dalam kegiatan itu nanti, selain menampilkan tuping 12 wajah milik adat Lampung Selatan, juga akan ada tuping kontemporer, dan tuping dari sepuluh etnis suku yang ada dikabupaten Lampung Selatan seperti Jawa, Sunda, Banten, dan suku lainnya. Direncanakan, kegiatan pawai adat dan budaya nusantara itu akan diikuti 1.000 peserta dari 17 kecamatan di Lampung Selatan,” ujar Ponimin, kepada Radar Lamsel, diruangkerjanya, Senin (1/7) kemarin.

          Ponimin mengatakan, untuk suksesnya acara tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dengan baik. Dikatakanya, dengan adanya pawai adat dan budaya nusantara ini diharapkan mampu meningkatkan kreativitas karya seni pertunjukan, sekaligus meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni dan adat budaya di Lampung Selatan.

BACA :  Puluhan Rumah di Pantai Mutun Terendam Banjir Rob

          “Dalam pelaksanaan pawai adat dan budaya nusantara itu, seluruh peserta akan mengambil start di depan SDN 1 Way Urang, lalu bergerak menyusuri jalan protokol Kota Kalianda, kemudian jalan lakar, jalan Raden Intan, dan finish di Lapangan Cipta Karya Kalianda,” pungkasnya. (iwn)