Seribu UKM Bakal Kecipratan Dana Stimulus

108
Ist.Radarlamsel – Jajaran Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Selatan ketika melakukan pemantauan dan verifikasi UMKM di Desa Bumi Asih, Kecamatan Palas, Senin (10/8).

PALAS – Sekitar 1.000 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lampung Selatan bakal mendapat bantuan dana stimulus penanggulangan Covid-19.

Saat ini UMKM desa itu tengah diverifikasi oleh Dinas Koperasi dan UKM. Bantuan dana stimulus diberikan agara UMKM terus berjalan ditegah pandemi.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan, Abidin saat memantau UMKM  di Kecamatan Palas, Senin (10/8).

“Iya bakal ada bantuan dana stimulus untuk UKM di Lampung Selatan. Bantuan stimulus ini sebagai upaya untuk mendorong UmKM tetap berjalan ditengah masa pandemi Covid-19,” ujar Abidin memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, saat memantau UKM di Desa Bumi Asih.

BACA :  Pasal Sampah, Pengurus Pasar jadi Cibiran

Abidin mengungkapkan, di Lampung Selatan setidaknya ada 1.000 UKM yang bakal menerima bantuan dana stimulus ini. UKM calon penerima bantuan ini dipilih berdasarkan pengajuan pemerintah desa.

“Di Lampung Selatan 1.000 UKM, itu berdasarkan ajuan pemerintah desa. Setiap desa ada yang mengajukan tiga atau empat UKM. Namun ada juga yang tidak mengajukan,” terangnya.

Saat ini UKM calon penerima bantuan dana stimulus masih dalam tahap verifikasi dari jajaran Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan.  Abidin menjelaskan, verifikasi ini dilakukan untuk memastikan keberadaan UMKM yang diajukan oleh pemerintah desa.

BACA :  UMKM di Palas Terima Bantuan Stimulus

“Bantuan yang akan dikucurkan sebesar Rp 2 juta. Minggu ini kita mulai bergerak untuk memantau dan memverifikasi UKM  yang sudah diajukan. Untuk memastikan UKM yang diajukan tidak fiktif,” tuturnya.

Sementara itu Kasi Ekobang Kecamatan Palas, Suyadi yang turut mendampingi proses verifikasi UKM menerangkan, di Kecamatan Palas terdapat 78 UKM yang menjadi calon penerima bantuan dana stimulus tersebut.

“Hari ini di Palas juga sedenga diverifikasi. Dari 21 desa hanya 20 desa yang mengajukan,  total ada 78. Harapan kami jika dana ini sudah dikucurkan bisa membantu UKM yang terdampak pandemi Covid-19,” harapnya. (vid)