Siapkan Perjanjian Khusus dengan Cakades

187

TANJUNG BINTANG – Belajar dari pengalaman buruk Kecamatan Tanjungbintang saat menggelar Pilkades serentak dua tahun silam, Uspika wilayah industri tersebut akan membuat perjanjian khusus dengan para calon kades. 

Plt. Camat Tanjung Bintang Hendry Hatta menyampaikan, pihaknya bersama Polsek dan Koramil Tanjung Bintang akan membuat perjanjian khusus agar para calon kades menjaga dan menahan massanya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami belajar dari pengalaman buruk dua tahun lalu, maka tahun ini harus berhasil dan tertib,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Minggu (7/4). 

BACA :  Desa Way Galih Topang Perekonomian Lewat Pembangunan

Ia menjelaskan, para calon kades akan dibebani dalam menjaga ketertiban saat Pilkades. “Ya semua bertanggungjawab, tetapi yang paling punya peran adalah calon kades itu sendiri,” katanya. 

Pria yang juga Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjungbintang tersebut meyakini tidak ada potensi konflik dari sembilan desa yang menggelar pilkades. “Tidak ada yang berpotensi konflik, semuanya saya kira akan kondusif,” tuturnya. 

Sementara itu, Danramil Tanjung Bintang Kapt Inf Norizwan Tamin mengaku sangat menghindari terjadinya konflik saat pilkades nanti, sehingga pihaknya mengambil langkah antisipatif. “Langkahnya kami mulai dengan antisipasi, supaya ketika sudah terjadi maka penindakan akan diberlakukan,” tegasnya. 

BACA :  Uspika Imbau Warga untuk Tenang

Ia mengatakan selain Kecamatan Tanjung Bintang pihaknya juga bertanggungjawab dengan pelaksanaan pilkades di Kecamatan Jati Agung dan Tanjung Sari sehingga sangat penting membuat perjanjian sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Saya juga berkomitmen untuk ikut mengamankan pilkades bersama kepolisian,” kata dia. 

Noriz mengingatkan agar para calon kades memahami tujuan dari pemilihan bukan sekedar mencari pemimpin tetapi juga sebagai pesta demokrasi ditingkat desa. “Masyarakat juga harus paham, jangan mudah terpancing emosinya,” pungkasnya. (kms)