Siapkan Rencana Untuk Wisata Pantai Belebuk

832

BAKAUHENI – Komunitas Peduli Wisata (Pelita) bersama Pemerintah Desa dan Pokdarwis Ragom Helau Desa Totoharjo mempersiapkan rencana besar terhadap pantai Belebuk yang akan dijadikan destinasi wisata andalan di Desa Totoharjo.

Komunitas Pelita dan Pemerintah Desa Totoharjo pun sudah mem-planing pembentukan pantai Belebuk yang akan disulap menjadi destinasi wisata baru di Kecamatan Bakauheni. Saat ini, komunitas Pelita dan Pemerintah Desa Totoharjo sedang membuat landmark dan konsep yang akan diterapkan dipantai itu.

Ketua Pelita Lamsel Yodistara Nugraha mengatakan pantai Belebuk memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata yang bisa mengagumkan. Penilaian ini dilihat dari kelebihan pantai Belebuk yang memiliki pulau Sekepol yang hanya berjarak sekitar 700 meter dari bibir pantai. “Selain berkunjung ke pantai, wisatawan juga bisa berkunjung ke pulau itu,” kata Yodis kepada Radar Lamsel usai menggelar kegiatan bersih-bersih sampah di pantai Belebuk, Dusun Karangindah, Desa Totoharjo, Kamis (18/1) kemarin.

BACA :  Esti Nur Fathonah Beri Petunjuk

Potensi lain yang bisa meningkatkan pantai Belebuk adalah kelebihannya. Pantai ini diklaim sebagai tempat yang strategis bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau Mengkudu. “Karena dari sini jaraknya kebih dekat ketimbang dari Desa kunjir dan Desa Batubalak,” lanjutnya.

Rencana lain yang akan dibentuk dipantai itu adalah membangun warung desa dan menyiapkan perahu untuk mengantar wisatawan menuju pulau Sekepol dan Mengkudu. Untuk area sekitar pantai, Yodis mengatakan adanya kemungkinan untuk menjadikannya sebagai Daerah Perlindungan Laut (DPL). “Untuk mewujudkan semua itu, perlu kerjasama dari lintas sektoral agar semangat masyarakat dalam membangun pariwisata berwawasan lingkungan dapat terakomodasi,”katanya.

BACA :  Video Camat Bakauheni Tunggu Kajian Bawaslu

Kepala Desa Totoharjo Imam Bukhori mendukung upaya yang digagas oleh Pelita Lamsel. Pasalnya, Imam memang sudah lama ingin membentuk pantai Belebuk menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Lampung Selatan. Imam mengaku berkeinginan menjadikan pantai Belebuk sebagai tempat wisata favorit karena melihat potensinya. “Dukungan lain bisa dilihat dari banyaknya pengunjung. Hal ini yang membuat saya berpikir bagaimana caranya pantai Belebuk bisa berubah dan bisa menarik lebih banyak pengunjung,” kata Imam.

Menurut Imam, pihaknya akan berusaha bekerjasama dengan Komunitas Pelita, serta dinas dan instansi terkait agar dapat mewujudkan rencana besar yang telah mereka bentuk. “Kami akan berusaha, saya yakin dengan kerjasama semuanya akan berjalan dengan baik,” harapnya. (rnd)

BAGIKAN