Sidomukti Bangun 14 Gapura

63
Rifky - Kades Sidomukti Daryani saat memberi arahan pada proses pembuatan gapura

TANJUNG SARI– Melalui swadaya masyarakat serta peran Aparatur Desa Sidomukti, Kecamatan Tanjung Sari, seluruh jalan gang di desa tersebut dibuatkan gapura, Rabu (12/2).

Hingga kini, Desa itu sudah membuat 14 gapura dengan berbagai ukuran yang berbeda. Empat gapura dengan ukuran besar dan 10 gapura dengan ukuran kecil.

Kepala Desa (Kades) Sidomukti Daryani mengatakan, bahwa dalam pembuatan satu gapura itu membutuhkan biaya sekitar Rp. 400.000 hingga Rp. 600.000. “Awalya saya melihat dari desa lain. Setelah melihat itu saya terinspirasi untuk membuat gapura,” ucapnya saat ditemui Radar Lamsel di lokasi pembuatan gapura.

Meski tujuan awalnya hanya membuat gapura di perbatasan Dusun saja, tetapi keantusiasan masyarakat di Desa itu membuat gapura itu dibuat disetiap gang. “Bahkan ada warga dari Dusun mana RT mana dia nggak tau, jadi kita buat gapura untuk perbatasan Dusun, kemudian masyarakat pada urunan untuk membuat gapura di setiap gang,” kata Daryani.

BACA :  Kantor Camat Tanjungsari Disterilisasi

Masih kata Daryani, dia mengatakan bahwa awal mula gapura itu dibuat di Dusun II. Bahkan ada satu RT yang membuat empat gapura sekaligus. “Sebetulnya saya kasian sama masyarakat, tetapi mereka begitu antusias, jadi kita harus mengimbangi. Merka beli togor nya, nanti saya yang membelikan semen nya,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, bahwa kini hanya tinggal dua gang saja yang belum dibuat gapura. Rencananya dua gang itu juga akan dibuat gapura.  “Cuma dua yang belum, jalan rabat beton yang dibuat tahun kemarin sama jalan yang kearah makam. Kalau sudah dibelikan togor nya dua gang itu juga akan dibuat gapura,” tandasnya.

BACA :  Desa Kertosari Tiadakan Kegiatan Massal

Daryani menambahkan, pembuatan gapura itu berlangsung di Dusun I hingga Dusun IV. Pembuatan gapura itu juga bertujuan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI). “Pembuatan awal di Dusun II, kemudian Dusun IV ikut, lau Dusun I dan terakhir membuat Dusun III. Ini juga supaya nanti bulan Agustus bisa lebih meriah,” imbuhnya.(CW1)